UM Purworejo Tingkatkan Kemampuan Sosial Media Melalui Workshop

Penggunaan sosial media untuk promosi kampus menjadi hal penting untuk dikuasai. Selain penggunanya yang kian meningkat, sosial media menjadi media yang paling efektif untuk melakukan promosi. Hal itulah yang menjadi alasan diselenggarakannya acara Workshop “Pengembangan Media Promosi Kampus” pada Sabtu (14/11). Acara yang digelar di Laboratorium Komputer UM Purworejo ini menghadirkan narasumber dari Universitas Muhammadiyah Malang, Subhan Setowara, S.HI, M.A. dan diikuti sejumlah mahasiswa perwakilan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang Media dan Hubungan Masyarakat (Humas) UM Purworejo.  

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Budi Setiawan, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Budi mengungkapkan bahwa sosial media saat ini sangat penting untuk media promosi, sehingga adanya workshop ini diharapkan dapat memunculkan inovasi-inovasi baru dalam penggunaan sosial media.

“Hari ini menjadi awal untuk koordinasi. Kita harapkan konten-konten positif yang muncul. Nanti dari Bimawa akan memantau bagaimana inovasi yang teman-teman kembangkan,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan paparan materi oleh narasumber, Muhammad Subhan Setowara, S.HI, M.A. (Dosen HI UMM dan Direktur Eksekutif RBC Institute A. Malik Fajar) yang menjelaskan terkait strategi media kampus. Dirinya menyebut, ada 4 hal penting yang harus diketahui antara lain tujuan, manajemen, analisis dan konsep, serta skill praktis (konten dan desain). Dirinya mengatakan bahwa ketika akan membuat sebuah konten, perlu mengetahui tujuannya terlebih dahulu, apakah untuk branding, promosi, atau tujuan akademik.   

“Kenapa purpose itu anda harus tau? Jadi media apa yang anda pakai, kemudian strateginya apa itu tergantung purpose anda apa. Apa yang ingin anda kejar, jadi anda harus tahu targetnya,” tuturnya.


Selain itu, dosen yang juga pernah menjadi Humas UMM itu juga menceritakan pengalamannya ketika menjadi humas, seperti menulis narasi berita, menulis skrip untuk konten video, hingga caption untuk konten sosial media.

Salah satu peserta workshop dari program studi Teknologi Informasi, Hafid merasakan banyak manfaat yang didapat setelah mengikuti workshop tersebut. “Bagaimana kita mencari konten, membuat konten, mencari inspirasi, membuat skrip juga. Jadi kita lebih belajar banyak hal dari pak Subhan tadi terutama masalah skrip dalam media dan pengembangannya. Harapannya semoga media terutama media dari ormawa baik itu UKM atau HIMA dan media dari kampus sendiri lebih bagus sehingga dapat memajukan UM Purworejo,” ungkapnya.

Workshop