Aliansi Mahasiswa UM Purworejo Gelar Aksi Solidaritas, Bagikan 1000 Masker dan 80 Paket Sembako

Penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia yang semakin meningkat mewajibkan semua aktivitas dilakukan dari rumah. Kebijakan pembatasan sosial akibat wabah ini telah berjalan selama satu bulan dan masih berlanjut. Akibatnya, sebagian besar masyarakat merasakan dampaknya, terlebih mereka yang masih harus beraktivitas diluar rumah. Tidak sedikit dari mereka mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi ini.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Purworejo, Aliansi Mahasiswa bersama LazisMu Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo melakukan Aksi Solidaritas Pandemi Covid-19 berupa penyaluran bantuan 80 paket sembako kepada pekerja informal, antara lain tukang becak, tukang parkir, buruh, dan pedagang kali lima.

Aksi ini digelar di Kampus Timur UM Purworejo pada Kamis pagi (23/4). Sebelum paket dibagikan, para penerima bantuan telah melakukan cek suhu badan dan cuci tangan di tempat yang telah disiapkan penyelenggara. Kemudian, paket sembako diberikan setelah menunjukkan kupon yang telah didapat sebelumnya.

Koordinator aksi, Elvani mengatakan Aksi Solidaritas ini diadakan untuk membantu masyarakat dalam upaya pencegahan virus dan pemenuhan kebutuhan pangan bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

”Kami sebelumnya juga telah melakukan pemberian masker kain sejumlah 1.000 buah kepada masyarakat kabupaten Purworejo yang bekerjasama dengan IDP (Ikatan Disabilitas Purworejo) dalam pembuatan masker.”

Dirinya berharap, kedepan setelah adanya Aksi Solidaritas ini, pihak kampus maupun mahasiswa lebih tergerak jiwa kemanusiaannya dan tanggap terhadap permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat.

Penyerahan Bantuan Masker Kepada Masyarakat

Aksi ini disambut baik oleh masyarakat. Salah satu penerima paket sembako dari Baledono merasa bersyukur atas bantuan yang diterimanya.

”Untuk bantuan ini, kami mengucapkan terima kasih karena sudah peduli kepada masyarakat yang kurang mampu”

Adapun kegiatan Aksi Solidaritas Pandemi Covid-19 masih membuka Open Donasi melalui rekening LazisMu UMP 6761-01-016784-53-3 (Yuni Wulan Sari - BRI). Kegiatan akan dilanjutkan setelah dana sudah terkumpul kembali.

Aksi Solidaritas