Sambut Peksiminas 2020, UM Purworejo Gelar Seleksi Internal

Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Seleksi Internal Peksiminas 2020 pada Senin (19/10) di ruang sidang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Peksiminas merupakan kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali yang berkesinambungan dan diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemdikbud dengan menunjuk salah satu pengurus Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) sebagai panitia penyelenggara guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni baik seni suara, seni pertunjukan, seni rupa maupun seni sastra.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Budi Setiawan, M.Si mengatakan bahwa tujuan dari seleksi internal Peksiminas ini adalah untuk menyeleksi mahasiswa/i berprestasi dalam bidang non akademik agar bisa mewakili UM Purworejo ke Peksiminas tingkat nasional dengan harapan dapat mengangkat dan mengharumkan nama kampus di kancah nasional bahkan internasional. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan jiwa pantang menyerah mahasiswa untuk berprestasi khususnya di bidang seni.

Salah satu penampilan peserta lomba baca puisi

Dalam Peksiminas XV Tahun 2020 ini ada 15 (Lima Belas) tangkai seni yang akan diperlombakan yaitu Seni tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Komik Strip. Berbeda dari pelaksanaan perlombaan tahun-tahun sebelumnya pada Peksiminas XV ini dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia semua perlombaan dilakukan secara daring yaitu dengan mengirimkan karya.

Kepala Biro Kemahasiswaan UM Purworejo, Didik Widiyantono, M.Agr. mengatakan bahwa peserta yang lolos tahap internal nantinya akan diberikan pembinaan dan di dampingi oleh pihak kampus. “Ada 23 peserta yang hadir dari 51 mahasiswa yang daftar. Setelah dilaksanakan seleksi ini, kedepan akan ada pendampingan sampai dengan tingkat nasional,” katanya.

Seleksi Internal