Sambut Milad Ke-56, UM Purworejo Resmikan “Oemah Cendekia” dan Salurkan Bantuan Sosial

Dalam rangka menyambut Milad ke 56, Universitas Muhammadiyah Purworejo telah mempersiapkan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan hingga bulan Oktober mendatang. Kegiatan seperti pekan ilmiah, bakti sosial, hingga perlombaan olahraga dan seni dihadirkan dalam rangkaian kegiatan milad ke-56 UM Purworejo.     

Selasa, 22 September 2020, bertempat di Balai Kelurahan lama Kedungsari, Purworejo, UM Purworejo menggelar Grand Launching “Oemah Cendekia”. Acara ini sekaligus mengawali rangkaian kegiatan Milad ke-56 UM Purworejo. Acara dihadiri oleh Camat Purworejo Sudaryono, Rektor UMPwr Rofiq Nurhadi, Lurah Kedungsari Tugiono, Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo Dwi Handayani dan warga Kelurahan Kedungsari.

Ade selaku penanggung jawab “Oemah Cendekia” mengatakan bahwa “Oemah Cendekia” yang telah dibuka di 5 RW di Kelurahan Kedungsari, Purworejo merupakan serambi baca yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak Sekolah Dasar Kelurahan Kedungsari. “Selain bisa membaca, di Oemah Cendekia ini anak-anak juga bisa belajar bersama, mendongeng, membaca puisi, dan menggambar yang rutin diajarkan setiap minggunya,” jelas Ade.       

Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian berkelanjutan dari pola ilmiah pokok yang dikembangkan oleh UM Purworejo yaitu socio-edupreneurship. Yang dikembangkan dari socio-edupreneurship ini semua bentuk aktivitas kegiatan dan kurikulumnya diorientasikan agar mahasiswa mempunyai mental/kemampuan berwirausaha, sehingga diharapkan lulusan UM Purworejo memiliki jiwa enterpreneur/wirausaha yang berorientasi pada kepentingan sosial,” ungkapnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Dr. Rofiq menambahkan ada beberapa program kemahasiswaan yang dapat diikuti, antara lain PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), PHP2D (Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa), dan KBMI (Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia). “Oemah Cendekia” ini merupakan salah satu PHP2D yang lolos mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud.  Harapan kami Oemah cendekia ini tidak berhenti pada pendanaan dari kementerian. Hubungan kerjasama terjalin antara universitas dengan masyarakat sehingga apa yang sudah diupayakan ini nanti terus terjalin keberlanjutannya,” pungkasnya.

Selain acara grand launching juga digelar bakti sosial dengan menyerahkan sejumlah paket bantuan sosial kepada yatim piatu dan anak disabilitas di kelurahan Kedungsari, serta pembagian masker. Kemudian diakhiri dengan kunjungan ke salah satu lokasi serambi baca “Oemah Cendekia”.   

Sukarni salah satu warga kelurahan Kedungsari merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah terima kasih atas bantuan yang diberikan, bisa membantu untuk kami. Kami juga senang sekali dengan adanya taman belajar karena di masa pandemi ini walaupun sekolah diliburkan, mereka tetap bisa belajar. Harapan kedepan agar para mahasiswa bisa mengajari lebih telaten lagi di rumah,” ungkapnya.

Aksi Solidaritas