“Oemah Cendekia” IMM UM Purworejo Resmikan Serambi Baca ke-2

Setelah sukses dengan launching “Oemah Cendekia” di RW 1 Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo dan diikuti pembukaan serambi baca di RW 4, hari ini, Jum'at, 28 Agustus 2020, telah diresmikan serambi baca di RW 2. Serambi baca ini merupakan taman baca kecil yang menginduk pada taman baca masyarakat yaitu “Oemah Cendekia” yang berada di RW 1. Serambi baca RW 2 ini berlokasi di rumah ketua RT 5 RW 2 yaitu Purwanto. Pada waktu assesmen beberapa waktu lalu, beliau mempersilahkan garasi rumahnya untuk digunakan sebagai serambi baca.

 

Dalam pembukaan yang sederhana ini, tim PHP2D dari Universitas Muhammadiyah Purworejo memperkenalkan program serambi baca kepada masyarakat RW 2 Kedungsari. Sebanyak 32 anak hadir dalam acara ini. Nani, selaku ibu ketua RT 5 RW 2 mengatakan jika yang hadir saat ini masih 50 persen, karena baru anak anak yang rumahnya di RT 3, 4 dan 5. “RT 1 dan 2 jauh, ini saja 3 RT tidak hadir semua, bisa penuh sampai halaman kalau hadir semua,” ungkap Nani bangga melihat program serambi baca sukses dibuka.

 

Ade Sabda Gumelar selaku ketua pelaksana program PHP2D UM Purworejo menyatakan syukur dan bangga atas suksesnya pembukaan serambi baca ini. “Senang sekali. Ini di luar ekspektasi kami bu, saya pikir hanya 15 sampai 20 anak yang datang, terimakasih bu RT, kami jadi tambah semangat,” tutur mahasiswa yang aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini. Terkait program lanjutan setelah hari ini Ade melanjutkan, akan mengagendakan sepekan sekali setiap Jum’at sore menemani anak untuk membaca buku. “Pokoknya bagaimana entah dengan membacakan cerita, dongeng atau apa nanti yang penting anak-anak di RW 2 ini mau datang dan membaca buku di serambi baca ini. Kami berterimakasih dan semoga kerjasama dengan masyarakat RW 2 khususnya bisa semakin mantab,” pungkas Ade.

Aksi Solidaritas