Dorong Mahasiswa Berkompetisi, UM Purworejo Gelar Sosialisasi LIDM dan KIBM 2020

Sebagai upaya mengembangkan kreativitas sekaligus meningkatkan daya saing mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Sosialisasi LIDM dan KIBM 2020. Acara yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan UM Purworejo ini digelar di Kampus Sucen pada Jumat (24/7) dan diikuti oleh sejumlah perwakilan Himpunan Mahasiswa (HIMA) UM Purworejo. LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) dan KIBM (Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa) merupakan kegiatan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Budi Setiawan, M.Si. dalam sambutannya mengajak mahasiswa untuk turut serta berpartisipasi mengikuti dua lomba ini.

“Pagi ini ada 2 lomba yang kita infokan dan kita harapkan HIMA menjadi pioneer untuk bisa mengorganisir kedua lomba ini (LIDM & KIBM)”, ujarnya.

Dr. Budi juga menambahkan bahwa tujuan dari mengikuti lomba tidak hanya semata-mata mengejar prestasi atau mendapat penghargaan, tapi lebih jauh dari itu, lomba/kompetisi itu merupakan bagian yang menjadi proses penting untuk mengembangkan diri. Oleh sebab itu, dirinya mengajak mahasiswa agar selalu berproses untuk mengembangkan diri, salah satu caranya dengan berpartisipasi di kedua lomba ini.

Salah satu narasumber saat menyampaikan sosialisasi

Dengan dipandu Ahmad Komaruddin, S.Pd. selaku moderator, acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan diskusi tentang LIDN dan KBIM oleh dua narasumber yaitu Murhadi, S.Pd.T, M.Eng. yang merupakan dosen prodi Teknologi Informasi dan Fitri Rahmawati, S.E., M.M., salah satu dosen prodi Manajemen UM Purworejo. Narasumber pertama, Murhadi, S.Pd.T, M.Eng. menyampaikan informasi tentang LIDN, sedangkan Fitri Rahmawati, S.E., M.M. memberikan penjelasan terkait KIBM.

Sebagaimana pada tahun sebelumnya, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2020 terbagi menjadi 4 (empat) Divisi, yaitu Divisi I (Inovasi Teknologi Digital Pendidikan), Divisi II (Kreasi Materi Digital Pendidikan), Divisi III (Kreasi Video Digital SDGs) dan Divisi IV (Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender). Sedangkan KIBM 2020 terbagi menjadi 3 (tiga) bidang kegiatan yaitu Perguruan Tinggi Akademik, Perguruan Tinggi Vokasi dan Penyandangan Disabilitas.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Ir. Didik Widiyantono M.Agr. menjelaskan bahwa saat ini UM Purworejo sedang intens merespon hibah kompetisi kemahasiswaan di tingkat nasional. Beberapa di antaranya yakni Program Hibah Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), LIDM, dan KIBM.“Pada tahun ini UMP mengirimkan PKM 175  judul dari 350 yang sudah di review dan akan diumumkan Belmawa Dirjen Dikti Kemendikbud awal Agustus ini,” jelasnya.

Sosialisasi