UM Purworejo Kembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Workshop PKM

Universitas Muhammadiyah Purworejo terus berupaya menumbuh kembangkan kreativitas mahasiswa, salah satunya dengan menggelar Workshop Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM merupakan program pemerintah bagi mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk mewujudkan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa. Adapun pelaksanaan workshop tersebut terbagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama workshop PKM-Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan pada Jumat, (10/7) dan sesi kedua yaitu workshop PKM-Kewirausahaan pada Kamis (16/7).

Pemateri saat berdiskusi dengan Mahasiswa terkait PKM

Bertindak selaku pemateri pada workshop PKM-Pengabdian Masyarakat yakni Ir. Didik Widiyantono, M.Agr., salah satu dosen Program Studi Agribisnis UM Purworejo dan Reviewer Nasional PKM. Sedangkan pada workshop PKM-Kewirausahaan diisi oleh Murhadi, S.Pd.T, M.Eng., salah satu dosen prodi Teknologi Informasi UM Purworejo yang juga Reviewer PKM UM Purworejo 2020. Pada kesempatan yang berbeda tersebut, kedua pemateri menyampaikan paparan dan diskusi mengenai langkah-langkah yang perlu disiapkan dalam menyusun proposal PKM khususnya di bidang Pengabdian Masyarakat dan bidang Kewirausahaan.

Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa atas semangatnya mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan baik yang diselenggarakan universitas maupun pemerintah. Dirinya berharap agar prestasi yang telah dicapai dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat mengangkat citra UM Purworejo menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr. Budi Setiawan, M.Si. dalam sambutannya pada workshop PKM Kewirausahaan berharap agar sebisa mungkin UM Purworejo minimal didanai 50 proposal tiap tahunnya.

“Karna kita mendapat jatah 200 lebih proposal untuk diajukan, kita harapkan bisa 50 proposal yg didanai,” ungkapnya.

Sebelumnya, UM Purworejo telah mencatat sebanyak 21 proposal yang lolos pendanaan Kemenristekdikti pada tahun 2019. Tiga tim diantaranya lolos PIMNAS ke-32 yang digelar di Universitas Udayana Denpasar, Bali pada 27-31 Agustus 2019 lalu. Selain itu, UM Purworejo juga telah meraih anugrah judul hibah PKM terbanyak terbaik kedua antar Perguruan Tinggi Swasta se-Jawa Tengah.

Workshop