Siapkan KBMI 2020, UM Purworejo Gelar Workshop

Ditengah masa sulit pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, mahasiswa UM Purworejo diharapkan untuk tetap optimis memanfaatkan peluang yang ada. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Budi Setiawan, M.Si. kepada mahasiswa dalam sambutannya pada acara Workshop KBMI (Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia) 2020, Rabu (1/7/2020). Dirinya mengatakan, UM Purworejo tahun lalu lebih unggul dibandingkan perguruan tinggi swasta yang lain karena ada 6 proposal yang lolos didanai. Selain itu, UM Purworejo juga telah mengirimkan 2 tim yang mengikuti ekspo KMI (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) di Batam.

“Momentum ini tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa menyusun proposal KBMI yang berkualitas,” ungkapnya.

Acara yang digelar di Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas di UM Purworejo. Murhadi, S.Pd.T, M.Eng. selaku Ketua Tim Task Force KBMI 2020 mengatakan ada 14 tim yang sudah mendaftar workshop KBMI tahun 2020 ini. Tiap timnya terdiri dari 3-4 mahasiswa dari prodi yang berbeda.

KBMI merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa Kemendikbud (Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa di Indonesia agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimakan potensi nasional.

Pemaparan Materi dan Diskusi oleh Tim Task Force KBMI UM Purworejo 2020

Fitri Rahmawati, S.E., M.M., salah satu dosen prodi Manajemen UM Purworejo yang juga tergabung dalam Tim Task Force KBMI UM Purworejo 2020 pada kesempatan itu menyampaikan paparan dan diskusi mengenai langkah-langkah yang perlu disiapkan dalam menyusun proposal KBMI. Adapun tahapan KBMI tahun 2020 ini meliputi pengusulan proposal, pelatihan rencana usaha, penetapan penerima hibah KBMI, pendampingan wirausaha, monitoring evaluasi serta Pameran/Ekspo KMI sebagai puncak rangkaian kegiatan KBMI.

Beberapa dosen yang tergabung dalam Tim Task Force KBMI UM Purworejo 2020 juga turut serta memberikan pendampingan, antara lain Ir. Didik Widiyantono, M.Agr. (dosen Prodi Agribisnis), Lukman Fadhiliya, M.Pd. (dosen Prodi Pendidikan Ekonomi), Dyah Panuntun Utami, S.P., M.Sc. (dosen Prodi Agribisnis), dan Jeki Wibawanti, S.Pt., M.Si., M.Eng. (dosen Prodi Peternakan). Mereka berharap dengan adanya workshop KBMI dapat membantu mahasiswa dalam menyusun proposal yang berpeluang untuk lolos mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud.

Workshop