Gelar Workshop, UM Purworejo Bekali Mahasiswa Pendampingan PHP2D

Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar acara Workshop PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) 2020 pada Kamis (25/6/2020). PHP2D merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Acara yang digelar di Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas di UM Purworejo. Menurut Ir. Didik Widiyantono, M.Agr. selaku penanggung jawab teknis, workshop ini diadakan guna memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam mempersiapkan penyusunan proposal PHP2D tahun 2020.

Pemateri Saat Menjelaskan Materi pada Mahasiswa

Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, UM Purworejo telah membuka kembali kampus setelah keluarnya edaran Pemerintah Kabupaten Purworejo tentang Pernyataan Pengakhiran Masa Tanggap Darurat Covid-19 Kabupaten Purworejo. Aktivitas di lingkungan kampus seperti kegiatan administrasi dan ibadah mulai aktif kembali dan beberapa pertemuan serta rapat mulai digelar secara tatap muka, salah satunya acara workshop ini. Murhadi, S.Pd.T, M.Eng. selaku Ketua Tim Task Force PHP2D 2020 mengatakan, workshop ini digelar setelah mendapat persetujuan pimpinan. Namun demikian, UM Purworejo tetap memberlakukan protokol kesehatan yang harus ditaati ketika mengunjungi kampus, antara lain pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan pembatasan fisik.

Acara dibuka oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Promosi, dan PMB, Ir. Didik Widiyantono, M.Agr. Beberapa dosen yang tergabung dalam Tim Task Force PHP2D UM Purworejo 2020 juga turut serta memberikan pendampingan, antara lain Murhadi, S.Pd.T, M.Eng. (dosen Prodi Teknologi Informasi), Lukman Fadhiliya, M.Pd. (dosen Prodi Pendidikan Ekonomi), Fitri Rahmawati, S.E., M.M. (dosen Prodi Manajemen), Dyah Panuntun Utami, S.P., M.Sc. (dosen Prodi Agribisnis), dan Jeki Wibawanti, S.Pt., M.Si., M.Eng. (dosen Prodi Peternakan). Para peserta tampak antusias mengikuti workshop tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada dosen pendamping. Mereka berharap agar proposal yang diajukan lolos dan mendapatkan pendanaan dari penyelenggara.

Workshop