• Berita

Mahasiswa UM Purworejo Inisiasi Rumah Baca di Desa Piji

  • Berita

Mahasiswa UM Purworejo Inisiasi Rumah Baca di Desa Piji

blog-thumb

Mahasiswa UM Purworejo Inisiasi Rumah Baca di Desa Piji

  • Humas
  • 27 Januari 2021
  • Dibaca 452 Kali

Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Purworejo, mahasiswa melakukan inisiasi program yang bisa menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi covid-19 ini. Salah satu inisiasi program yang berhasil adalah program rumah baca di Desa Piji, Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo.

Rumah baca menjadi solusi anak-anak sekolah yang membutuhkan referensi saat kegiatan belajar daring. Selain itu, masyarakat juga bisa belajar banyak hal selain dari buku juga praktek seperti budidaya ikan dalam ember atau budikdamber yang sempat viral di awal pandemi.

Joni selaku ketua tim KKN-T yang ditempatkan di dusun Krajan Kidul, desa Piji ini saat dikunjungi DPL menjelaskan jika konsep rumah baca adalah untuk masyarakat umum, bukan hanya anak anak. “Ini budikdamber kan sebagai sarana untuk praktek masyarakat, kalau didalam banyak buku yang bisa dibaca. Kami juga adakan bimbel untuk anak anak SD”, ucap mahasiswa prodi PGSD ini.

Kadus Krajan Kidul, Katon Ambar Cahyo mengapresiasi program tersebut. “Program bagus dan kami memang butuh itu. Pemuda sini juga siap melanjutkan dalam mengelola rumah baca ini. Semoga ini nanti bisa ditiru oleh dusun lain. Terimakasih pak dosen, sudah berkenan hadir,” ucap mas Katon.

Dedi Runanto selaku Dosen Pembimbing Lapangan berharap jika program ini bisa dilanjutkan oleh desa. “Kami siap untuk membantu mengembangkan rumah baca ini. Masyarakat dan kampus bersinergi untuk maju,” pungkas Dedi.