• Berita

Prodi PBSJ UM Purworejo Bekali Mahasiswa Pelatihan Manten

  • Berita

Prodi PBSJ UM Purworejo Bekali Mahasiswa Pelatihan Manten

blog-thumb

Prodi PBSJ UM Purworejo Bekali Mahasiswa Pelatihan Manten

  • Humas
  • 31 Desember 2021
  • Dibaca 186 Kali

Sebuah prosesi pernikahan Gagrag Yogyakarta digelar secara lengkap di Auditorium Kasman Singodimedjo, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Kamis 30 Desember 2021. Kegiatan bertajuk pelatihan manten tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (PBSJ), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Purworejo.

Ketua Program Studi PBSJ FKIP UM Purworejo, Herlina Setyowati, M.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan manten ini pertama kalinya digelar sebagai salah satu rangkaian Ujian Akhir Semester 5 dan 7. Adapun prosesi pernikahan yang dilakukan mulai dari lamaran, seserahan, hingga pesta pernikahan dengan berbagai rangkaian adat Gagrag Yogyakarta.

Lebih lanjut, pihaknya menekankan bahwa semua mahasiswa dan mahasiswi yang terlibat mampu mengaplikasikan ilmunya mulai dari perencanaan, konsumsi, dekorasi, pembawa acara, kameramen, dan lain sebagainya. Pihaknya berharap agar para mahasiswa mempunyai adab berbicara sopan santun dan mampu berbahasa jawa ragam promo salah satu upaya mempertahankan kebudayaan.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar teman-teman mahasiswa bisa berkiprah dengan berbagai cara. Bisa publik speaking, bisa dekorasinya, bisa wedding organizer nya, kemudian juga bisa videografer dan editingnya. Harapannya agar teman-teman mahasiswa itu punya adab, adab berbicara dan adab sopan santun. Bagaimana menekankan atau memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa, ya kita memulai membiasakan diri untuk melakukan dengan berbahasa jawa ragam promo,” jelasnya.