• Berita

Wujudkan Kampus Ramah Difabel, UM Purworejo Launching Kamadifa

  • Berita

Wujudkan Kampus Ramah Difabel, UM Purworejo Launching Kamadifa

blog-thumb

Wujudkan Kampus Ramah Difabel, UM Purworejo Launching Kamadifa

  • Humas
  • 28 Desember 2021
  • Dibaca 90 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Launching dan Mini Expo #1 Keluarga Mahasiswa Difabel (Kamadifa), Senin (27/12/2021). Launching Kamadifa ini merupakan rintisan awal dengan anggota yang terdiri dari mahasiswa difabel UM Purworejo. Acara launching ini digelar secara daring dan luring yang bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo dan diikuti oleh seluruh mahasiswa UM Purworejo. Adapun mini expo digelar di depan kampus timur dalam rangka memperkenalkan hasil karya dari mahasiswa difabel.

Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., dalam sambutannya sekaligus meresmikan Kamadifa UM Purworejo mengatakan bahwa pihaknya berusaha memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi seluruh komponen masyarakat tanpa membeda-bedakan. Salah satunya dengan memberikan fasilitas bagi kaum difabel untuk mendapatkan akses pendidikan.

“Teman-teman difabel ini Insya Allah sudah kita fasilitasi. Bahkan desain kampus sudah kita desain sebisa mungkin agar teman-teman bisa mengakses kegiatan di kampus kita ini. Selain itu juga adanya beasiswa, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dan menambah semangat motivasi untuk terus berprestasi. Kami yakin bahwa visi demokratisasi dan humanisasi ini akan mempercepat dinamika dan laju pembangunan masyarakat,” ungkapnya.

UM Purworejo juga sepakat untuk mendampingi siapapun mereka dan darimanapun mereka untuk bersama-sama mengoptimalisasi potensi yang ada, baik potensi akademik maupun non akademik.

Dirinya berharap dengan adanya launching Kamadifa ini dapat bekerjasama dan bersinergi dengan ortom dan ormawa di lingkungan kampus UM Purworejo.

Selain launching dan mini expo, acara juga diisi dengan kegiatan talkshow dengan tema “Akses Pendidikan Tinggi Tanpa Diskriminasi Melalui Kampus Ramah Difabel”. Acara talkshow ini menghadirkan Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, S.H., Ketua Divisi Disabilitas MPM PP Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Arni Surwanti, M.Si., Kepala DINSOSDUKKBPPPA Kab. Purworejo, Ahmad Jainudin, S.I.P, Kepala Dindikpora Kab. Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, S.H., M.M., dan Ketua Umum PC. IMM Purworejo, Elvani Dandi Pratama.

Adapun salah satu narasumber yang hadir secara langsung yakni Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, S.H., M.M. yang sekaligus mewakili pemerintah Kabupaten Purworejo. Dalam sambutannya, dirinya menyampaikan bahwa pemerintah sedang berupaya untuk melindungi serta mengakomodir kaum disabilitas yang ada. Dalam bidang olahraga misalnya, Pemkab Purworejo telah membiayai olahraga untuk kaum difabel dan memfasilitasi untuk pertandingan-pertandingan bagi kaum difabel sampai ke tingkat provinsi.
Kepedulian lain dari pemerintah bagi kaum difabel yaitu dibukanya kesempatan bagi kaum difabel untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Selain itu juga saat ini, pemerintah daerah sedang merancang peraturan bupati yang mengatur tentang penyandang difabel.

“Mari kita kawal sehingga dapat bermanfaat dan kemudian menciptakan optimalisasi peran pemerintah dalam rangka untuk ramah terhadap kaum disabilitas,” tuturnya.