• Berita

930 MaBa UM Purworejo Ikuti PPKKMB 2021 Secara Virtual

  • Berita

930 MaBa UM Purworejo Ikuti PPKKMB 2021 Secara Virtual

blog-thumb

930 MaBa UM Purworejo Ikuti PPKKMB 2021 Secara Virtual

  • Humas
  • 23 September 2021
  • Dibaca 329 Kali

Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau yang akrab disebut PPKKMB merupakan salah satu kegiatan untuk mengantarkan mahasiswa baru dalam mengetahui lingkungan serta kehidupan kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 20-23 September 2021 dilaksanakan secara daring dan diikuti  oleh 930 mahasiswa baru. Hari pertama yaitu Senin, 20 September 2021 Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag, selaku Rektor UM Purworejo dengan resmi membuka acara di ruang Seminar kampus Timur UM Purworejo sekaligus mengucapkan selamat datang bagi para mahasiswa baru. “Selamat datang untuk mengukir masa depan. Mudah-mudahan bersama kami dapat memperoleh sukses, membangun bangsa dan negara ini. Fokuslah dalam belajar supaya dapat menyelesaikan study tepat waktu selama 4 tahun”, tuturnya.

Selain dihadiri oleh Rektor, acara juga dihadiri oleh Ketua BPH UM Purworejo H. Sartu Ali Muhsin, S.Ag, para Wakil Rektor, Dekan, Kaprodi, serta segenap tamu lainnya. “Terimakasih telah menjadikan UM Purworejo sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat. Insya Allah kami berusaha semaksimal mungkin dalam melayani umat,” ujar Sartu. Hingga rangkaian acara pembukaan berjalan dengan hikmat dan lancar.

Usai serangkaian acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi yang dibawakan oleh Komjen Pol Boy Rafli Amar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme BNPT dalam materi Bahaya Terorisme, Deny Darmala (Deputi Bidang Pencegahan BNN RI) dalam materi Badan Narkotika Nasional, Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam materi Etika Bersosial Media dan acara terakhir dibawakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Masa Ta’aruf  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Kemudian, dilanjutkan dengan penutupan pada pukul 14:10 WIB.

Hari ke-2 kegiatan PPKKMB disambut dengan pemaparan materi dari Brigjen TNI Jubei Levianto (Direktur Bela Negara), Kementrian Pertahanan, dalam materi bela negara serta Kampus Menyapa yang disambut oleh Tim Rektor.

Namun, tidak berhenti disitu saja, Universitas Muhammadiyah Purworejo juga memiliki 17 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang mana rangkaian pernampilannya dikemas dalam acara UKM On Stage. Adapun UKM On Stage merupakan acara yang diselenggarakan untuk memperkenalkan UKM-UKM yang ada di UM Purworejo dengan ditampilkannya video-video dari per-UKM. Selain untuk memperkenalkan UKM yang ada, acara ini juga ditujukan sebagai media promosi agar banyak mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi. Sehingga kedepannya diharapkan dapat menjadi pribadi yang unggul dalam prestasi akademik juga organisasi.

Semaraknya rangkaian acara UKM ON Stage menjadi acara terakhir dan dilanjutkan dengan penutupan kegiatan PPKKMB oleh Rektor UM Purworejo dan pengukuhan mahasiswa baru dengan simbolis penyerahan Jas Almamater kepada dua perwakilan mahasiswa baru dan dilanjutkan penutupan.

Rangkaian kegiatan PPKKMB yang sudah berlangsung dua hari, dilanjutkan dengan acara SOTK yaitu, Struktur Organisasi dan Tata Kelola. Acara ini dipimpin langsung oleh program studi masing-masing fakultas secara daring. Dalam hal ini mahasiswa diperkenalkan secara langsung oleh prodi terkait semua hal yang berhubungan dengan prodi, dari mata kuliah, prestasi prodi, dosen dll.