Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) UMPurworejo
Ditulis oleh Tim SKPI   
Jumat, 10 Agustus 2018 12:50
 
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi serta mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) maka mulai  tahun 2018 ini, lulusan UMPurworejo akan memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang menyertai Ijazah sarjana dan transkrip nilai akademik.
 
SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. Sederhananya, SKPI adalah rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di curriculum vitae (CV).
 
Bagi dunia kerja, SKPI menjadi hal yang dapat membantu para perekrut kerja (HRD perusahaan) dalam menyeleksi tenaga kerja serta menempatkannya pada posisi yang tepat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
 
Karena pentingnya SKPI ini, disarankan bagi mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan, kompetensi, serta prestasinya. Mahasiswa wajib membekali diri dengan pelatihan-pelatihan, mengikuti seminar atau workshop, serta uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga kredibel yang berlisesnsi.
 
Prosedur pengajuan dan penerbitan SKPI di lingkungan UMPurworejo diatur dalam buku panduan yang dapat diunduh disini dan berkas pendukung dapat diunduk disini