UKM KSR UM Purworejo Gelar Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu dan Banyumas
Ditulis oleh Panitia   
Sabtu, 11 Mei 2019 11:10
 
Bertempat di Universitas Muhammadiyah Purworejo, KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan Lomba Invitasi PMR Wira Se– Eks Keresidenan Kedu dan Banyumas pada Minggu, 28 April 2019. Lomba tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh UKM KSR. Tema yang diangkat dalam lomba kali ini yaitu “Kobarkan semangatmu tunjukan aksimu sebagai PMR Milenial”. Pada lomba kali ini terdapat mata lomba yang berbeda dari tahun–tahun sebelumnya yakni LCC dan ASB. LCC adalah lomba baru pengganti PRS sedangkan ASB hanya merubah objek perlombaan yang semula mading menjadi miniatur bencana. Secara keseluruhan, mata lomba yang dilombakan yaitu PP (Pertolongan Pertama), PK (Perawatan Keluarga), ASB (Ayo Siaga Bencana) dan LCC (Lomba Cerdas Cermat). Kegiatan ini diikuti oleh 18 regu dari berbagai sekolah yang berasal dari 3 kabupaten yaitu Purworejo, Kebumen dan Wonosobo.
 
Rangkaian acara diawali dengan registrasi peserta lomba pukul 06.30 WIB. Kemudian, peserta lomba diarahkan ke auditorium Kasman Singodimedjo yang terletak di gedung A1 lantai 2 untuk melakukan foto per regu .
 
Acara pembukaan dimulai pukul 08:00 WIB dan dihadiri oleh bupati Purworejo yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Widhi Dewanto, Mt., rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo yang diwakilkan oleh Pembina KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo Bapak Hanung Didik Arifin, S.Pt., M.Si., dan Kepala Markas PMI Kab. Purworejo yang diwakilkan oleh Drs. Mgs. Sukusyanto. Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Bapak Drs. Widhi Dewanto,Mt. yang didampingi oleh Drs. Mgs Sukusyanto dan Bapak Hanung Didik Arifin, S.Pt.,M.Si.. Setelah pemukulan gong dilanjutkan defile atau pengenalan sekolah yang diwakilkan oleh perwakilan 1 orang peserta lomba. Kemudian setelah defile dilanjutkan dengan pementasan seni tari Anoman Obong dari hima PBSJ. Khusus lomba LCC dan ASB dimulai lebih awal karena membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga peserta lomba ini tidak mengikuti upacara pembukaan. Peserta lomba LCC langsung diarahkan ke kampus Plaosan untuk melaksanakan lomba, sedangkan peserta lomba ASB diarahkan ke kampus barat parkiran gedung A3 untuk melaksanakan lomba. 
 
Setelah upacara pembukaan, tepatnya pada pukul 10.00 WIB, peserta lomba PP dan PK tahap 1 diarahkan menuju kampus barat untuk melaksanakan lomba. Pelaksanaan lomba PP ada di gedung A4 lantai 3, sedangkan lomba PK ada di gedung A3 lantai 3. Peserta yang sudah melaksanakan lomba langsung memasuki ruang karantina di gedung A4 lantai 3 (PP), gedung A3 lantai 3 (PK), dan gedung A3 lantai 4 (ASB). Sementara peserta lomba PP dan PK tahap 2 memulai lomba setelah dzuhur. Peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba meskipun ada rasa lelah karena seharian melaksanakan serangkaian lomba.
Upacara penutupan dan pengumuman kejuaraan dilaksanakan pada pukul 16.30 WIB. Lomba PP (Pertolongan Pertama) dimenangkan oleh SMAN 1 Purworejo sebagai juara 1, SMKN 7 Purworejo grup A sebagai juara 2 dan SMAN 7 Purworejo grup A sebagai juara 3. Selanjutnya, lomba PK (Perwatan Keluarga) dimenangkan oleh SMAN 7 Purworejo grup A sebagai juara 1, SMAN 5 Purworejo grup A sebagai juara 2 dan SMAN 1 Purworejo sebagai juara 3. Lomba LCC dimenangkan oleh SMA N 8 Purworejo sebagai juara 1, SMAN 1 Purworejo sebagai juara 2 dan SMKN 1 Purworejo grup A sebagai juara 3. Lomba ASB (Ayo Siaga Bencana) dimenangkan oleh SMA N 5 Purworejo grup A sebagai juara 1, SMAN 7 Purworejo grup A sebagai juara 2 dan SMAN 7 Purworejo grup B sebagai juara 3. Sementara untuk juara umum Piala Bupati Cup Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu dan Banyumas Tahun 2019 diraih oleh SMA N 7 Purworejo grup A.
 
Panitia berharap semoga di tahun depan acara Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu dan Banyumas KSR PMI Unit UM Purworejo dapat terselenggara kembali dengan lebih baik lagi dan peserta lomba tersebut bisa lebih antusias serta lebih banyak lagi. Serta dapat diikuti oleh kabupaten–kabupaten lain seperti Magelang, Wonosobo, Temanggung, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara, dan Cilacap.