UMPurworejo 10 besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik di Indonesia
Ditulis oleh humas   
Selasa, 10 April 2018 11:56

 

Dikutip dari laman www.4icu.org/id/ pada 10 April 2018 menginformasikan bahwa UMPurworejo berada di peringkat 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik se-Indonesia. Berdasarkan data terbaru, dikatakan bahwa Muhammadiyah memiliki 155 perguruan tinggi yang terdiri atas: 40 universitas, 88 sekolah tinggi, 23 akademi, 4 politeknik, dan 14 perguruan tinggi aisyiyah.

Pemeringkatan 4ICU, menunjukkan bahwa secara nasional UMPurworejo berada di peringkat 86 dari 530 lebih perguruan tinggi di Indonesia dan berada diperingkat 14 dari 47 perguruan tinggi di Jawa Tengah. Hal ini menunjukkan bahwa UMPurworejo cukup populer dikenal oleh masyarakat. Kepopuleran suatu institusi tentu saja akan berdampak baik bagi pencitraannya kepada masyarakat luas dalam hal kualitas dan tingkat pelayanan serta meningkatkan daya kompetisi antar perguruan tinggi.

4ICU merupakan suatu search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs  yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Pemeringkatan sekarang didasarkan pada algoritma dengan memasukkan 4 web metric independen dan objektif dari 3 search engine yang berbeda : Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets, dan Majestic Trust Flow.

UMPurworejo memandang penting mengenai hasil pemeringkatan ini karena 4ICU menggunakan pola benchmarking terbaik dengan pendekatan kuantitatif dan komparatif sedunia dari pemanfaatan media atau fasilitas online yang tersedia di suatu perguruan tinggi. Akibatnya peningkatan aspek marketing atau soft selling suatu perguruan tinggi juga akan semakain kuat menyedot animo masyarakat dalam segmen tertentu, khususnya calon mahasiswa baru.

Rektor UMPurworejo, Drs. H. Supriyono, M.Pd., menjelaskan bahwa hasil ini harus menjadi pelecut semangat semua civitas akademika, baik dosen, mahasiswa, maupun pegawai untuk terus memperbaiki dan meningkatkan diri di segala aspek. Peningkatan dan publikasi hasil karya ilmiah, oleh dosen  dan mahasiswa, harus terus ditingkatkan sehingga kualitas media online akan semakin baik. Imbasnya tentu akan semakin dikenalnya UMPurworejo ke tengah masyarakat.