Hari Guru Nasional: Menjadi Guru Pembelajar
Ditulis oleh PPTIK   
Senin, 27 November 2017 09:13
Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November sebagai bentuk apresiasi dan mengenang jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa FKIP UMPurworejo turut memperingati dengan memberikan bunga kepada para dosen sebagai bentuk rasa terimakasih atas jasa yang diberikan. Hari guru dicetuskan sejak tahun 1994 berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Pemilihan tanggal 25 November juga bertepatan dengan peringatan ulang tahun  PGRI untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.
 
UMPurworejo turut pula menyampaikan selamat hari guru nasional. Hari guru ini haruslah dijadikan momentum untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru menuju bangsa yang cerdas dan bermartabat. Guru haruslah kembali kepada tugas utamanya sebagai individu pembelajar sepanjang hayat.
 
Guru pembelajar memiliki artian bahwa guru hendaknya menjadi pribadi yang terus belajar, mengembangkan diri, berkarya, dan mengabdi sehingga berkontribusi pada lahirnya generasi cerdas sebagaimana dicita-citakan oleh negara.
 
Era digital yang bertulang punggung pada kemajuan jaringan internet, meningkatnya penggunaan media social di kalangan pelajar, hingga penggunaan bahasa kekinian merupakan sekian dari begitu banyak deretan panjang tugas guru untuk menyelaraskan diri dengan perkembangan jaman. Tantangan tersebut haruslah mampu direspon oleh guru sebagai individu yang profesional. Tunjangan sertifikasi guru sebagai salah satu bagian integral untuk peningkatan kompetensi guru, hendaknya digunakan sesuai dengan peruntukannya dan tidak dialihkan ke dalam bentuk yang bersifat konsumtif.
 
FKIP UMPurworejo melalui berbagai program dan proses pembelajaran akan terus berusaha untuk mencetak calon guru menjadi guru pembelajar sepanjang hayat yang adaptif terhadap perkembangan dan tantangan jaman.