Talkshow Novebra: Ayo Lawan Kanker Payudara
Ditulis oleh Humas   
Selasa, 21 November 2017 10:35
Pusat Informasi dan Konseling Mahasiwa (PIKMA) Surya UMPurworejo mengadakan talkshow yang bertajuk “November bersama lawan Kanker Payudara (NOVEBRA)”. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang seminar UMPurworejo tersebut dikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari perwakilan BKKBN, siswa berbagai SMA, dosen, dan mahasiswa.
 
Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut adalah dr. Amal Sembiring , Sp. B, FINACS. MM (dokter spesialis bedah) dan Wanodya Kusumastuti, M.Psi.,Psikolog (Psikolog UMPurworejo). Kedua narasumber menyampaikan materi terkait deteksi dini kanker payudara dan peran dukungan sosial terhadap pasien kanker payudara.
 
Dr. Amal Sembiring, Sp. B menyebutkan bahwa hampir sama terjadi pada semua kanker lainnnya, deteksi kanker payudara kebanyakan terlambat diketahui oleh si penderita. Penderita sering kali abai terhadap kondisinya dan ketika sakit muncul sudah tervonis stadium akhir. Akibatnya, angka kematian penderita kanker menjadi cukup tinggi. Beliau juga menekankan bahwa, semakin cepat kanker terdeteksi, maka kemungkinan peluang sembuh juga akan semakin besar (> 79%).
 
Wanodya Kusumastuti, M.Psi.,Psikolog menyebutkan dari berbagai penelitian, menunjukkan bahwa hampir semua pasien kanker payudara mengalami depresi khususnya pada pasien remaja (usia < 30 tahun). Depresi ini terjadi dalam bentuk ketakutan akan rasa sakit, kekhawatiran proses pengobatan medis (kemoterapi), hingga kematian. Oleh karena itu, sebagai orang dekat haruslah memberikan dukungan sosial pada para pasien. Dukungan yang dapat diberikan antara lain: memberikan perhatian/ kasih sayang dan rasa empati kepada pasien, menghargai dan memberi umpan balik yang positif, serta memberikan saran, nasihat, dan  informasi yang jelas.
 
Hal lain yang juga sangat diperlukan oleh penderita adalah kehadiran orang-orang terdekat ketika si pasien membutuhkan. Hal ini terjadi karena pasien mengalami penurunan terhadap aktivitas sehari-harinya sehingga membutuhkan dukungan orang-orang terdekat. Secara komunitas, dukungan kepada pasien dari survivor cancer juga sangat penting untuk menumbuhkan semangat dan pikiran positif yang akan membantu proses penyembuhan pasien.  
 
Kegiatan yang disambut positif oleh peserta ini turut menunjukkan bahwa UMPurworejo dan PIKMA SURYA terus berusaha komitmen untuk mencerdaskan masyarakat, khususnya memberikan dan menanamkan gaya hidup sehat bagi masyarakat luas.