Polres Purworejo Sosialisasi Kontra Radikalisme di UMPurworejo
Ditulis oleh Humas   
Senin, 20 November 2017 10:36
 
Kegiatan sosialisasi kontra radikalisme oleh Polres Purworejo yang dilaksanakan di ruang Seminar UMPurworejo dihadiri oleh sekitar 150 peserta. Pada kesempatan tersebut, mengetengahkan tema “melalui sosialisasi pencegahan radikalisme kita tingkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air”.
 
Dalam Sambutannya, Kapolres Purworejo, AKBP Teguh Tri Prasetyo SIK, mengingatkan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menanamkan kontra radikalisme, khususnya kepada mahasiswa. Tidak lupa beliau menyebutkan bahwa pendidikan hendaknya membentuk insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, membentuk akhlak mulia, mencerdaskan masyarakat, terampil, dan harus mampu menyinergikan ilmunya/ memberi manfaat.
 
Sosialisasi kontra radikalisme di Purworejo perlu dilakukan mengingat sebutan Kab. Purworejo sebagai “kota pensiunan” menjadikannya sebagai tempat yang cenderung menarik untuk berkembangnya oknum dan paham-paham yang dapat memecah nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu perlu adanya sinergi antar setiap komponen masyarakat agar tercipta suasana yang nyaman untuk semua.
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Polres Purworejo, pimpinan UMPurworejo, tokoh agama, masyarakat, dan mahasiswa ini berusaha untuk membentuk sinergitas bersama dalam upaya menciptakan komunikasi antar komponen masyarakat sehingga menjadi benteng penangkal paham radikalisme, khususnya di Purworejo. Hal ini tidak bisa lepas dari peran masyarakat sebagai sumber komunikasi pertama yang paling dekat dengan lingkungan sekitar. Hal ini ditegaskan oleh Humas Polres Purworejo, yang sangat berharap adanya laporan masyarakat kepada pihak berwajib ketika ada potensi gangguan keamanan.
 
Melalui kegiatan ini, Polres Purworejo berharap bahwa semua pihak dapat terlibat aktif dalam upaya/ program menangkal paham radikalisme khususnya melalui pendidikan. UMPurworejo sebagai institusi pendidikan memberikan komitmen untuk terus membangun pemahaman keagamaan yang baik sehingga dapat menciptakan insan bertaqwa, menciptakan kehidupan yang berkemajuan, dan mencintai nilai-nilai kebangsaan.