Makrab Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Ditulis oleh HIma PBSI   
Rabu, 19 Oktober 2016 10:12

PURWOREJO- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMP PBSI), kemarin (7-8/10) mengadakan serangkaian acara makrab di dua tempat. Kegiatan Masa Keakraban (makrab) dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Jum’at dan Sabtu. Satu hari di kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo tepatnya di Auditorium Kasmansingodimedjo dan out door di desa wisata Dewi Pule, Sleman, Yogyakarta. Peserta makrab berjumlah 49 mahasiswa baru dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dibagi menjadi 8 kelompok. Nama kelompok diambil dari nama para sastrawan angkatan 2000-an yaitu kelompok Asma Nadia, Abidah El-Khaeleqy, Tere Liye, Ahmad Fuadi, Raditya Dika,Andrea Hirata, Dewi Lestari, dan  Habiburahman El-Zirazi.

Acara pembukaan makrab dimulai pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh tamu undangan spesial  yaitu Bpk. Istiqo Agus Wicaksono, S.P, M.Sc, wakil rektor III dan kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bpk. H. Bagiya, M.Hum.   dan beberapa demisioner HMP PBSI yang sangat antusias berpartisipasi dalam acara tersebut. Sambutan pertama oleh ketua HMP PBSI yaitu saudari Nur Khikmah, kemudian sambutan kedua oleh wakil rektor III sekaligus membuka kegiatan makrab PBSI 2016. Selanjutnya, acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta makrab adalah pementasan seni (pensi), masing-masing kelompok menampilkan pensi yang telah diundikan sebelumnya. Kelompok pertama yang maju adalah menampilkan sebuah dramatikalisasi puisi, musikalisasi puisi, tari tradisional, drama lipsing, dubber, dan musik perkusi. Setelah acara pensi selesai, dilanjutkan dengan presentasi mading “KRESNABA” dari masing-masing kelompok. Tiap kelompok mempresentasikan kreasi madingnya dengan didampingi oleh masing-masing pemandu.Tiga juri siap menilai. Acara hari pertama selesai pada pukul 11.00 dan berlangsung lancar. (7/10)

Acara pada hari kedua berlangsung di desa wisata Dewi Pule, Sleman, Yogyakarta. (8/10) Rombongan makrab kumpul di lapangan kampus UMP pukul 06.30 WIB, untuk presensi dan melakukan yel-yel penyemangat. Rombongan digiring menuju bis yang siap membawa mereka ke tempat tujuan kedua. Dua bis telah disiapkan oleh panitia. Makrab hari kedua didampingi oleh Bu Nurul Setyorini, M. Pd. Pukul 07.00 pemberangkatan peserta dan sampai di tempat tujuan pukul 09.30 WIB. Para rombongan disambut hangat dengan keindahan alam Sleman yang sejuk dan asri. Sesampainya di lokasi, peserta diberi waktu istirahat selama beberapa menit. Kemudian, acara pertama dimulai dengan fungame. Berbagai macam fungame dilakukan untuk memberi semangat serta melatih kekompakkan antaranggota kelompoknya. Dilanjutkan dengan susur sungai dengan banyak halang rintang demi mencapai titik kemenangan di hari kedua makrab tersebut. Peserta sangat gembira dan antusias mengikuti alur permainannya.

Setelah susur sungai yang melelahkan selesai, dilanjutkan dengan ishoma di pendopo Dewi Pule. Dan acara yang terakhir adalah pembagian hadiah makrab dan pemilihan Mas dan Mbak Makrab 2016. Semua kelompok mendapatkan apresiasi dari panitia dan peserta. Setelah menimbang dan memilih akhirnya yang menjadi juara umum adalah kelompok “Tere Liye”Kemudian, untuk nominasi Mas dan Mbak Makrab 2016, akhirnya telah ditentukan Mas Makrab PBSI 2016 diraih oleh saudaraOky Endrayanto dan Mbak Makrab PBSI 2016 diraih oleh saudari Hafizda Amandari Azzaki. Acara ditutup oleh dosen Nurul Setyorini, M.Pd. dan kegiatan makrab hari kedua diakhiri dengan foto bersama. Pukul 14.00 rombongan meninggalkan Dewi Pule menuju Malioboro. Pukul 19.00 melanjutkan perjalanan pulang ke Kampus UMP. Sampai di kampus UMP pukul 21.00 WIB.