Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB ) UM Purworejo
Ditulis oleh UKM Jurnalistik   
Rabu, 05 Oktober 2016 08:52
Purworejo- Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan PPKK (Program Pengenalan Kehidupan Kampus) mahasiswa baru tahun ajaran 2016-2017. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari pada 19 - 22 September 2016. Kegiatan PPKK dengan tema “Membentuk Pribadi Unggul, Islami, dan Berkemajuan” tersebut  dimulai pukul 06.30 - Selesai. Sebelum kegiatan PPKKMB, mahasiswa baru terlebih dahulu diberi pembekalan tengtang kegiatan PPKMB dan juga pembagian kelompok yaitu pada hari Sabtu 17 September 2016.
 

Pada serangkaian acara PPKKMB yang dilaksanakan di Auditorium Kasman Singodimejo dibuka dengan pemukulan gong oleh rektor Universitas Muhammadyah Purworejo. Selama kegiatan PPKKMB mahasiswa baru diberi penjelasan mengenai kehidupan kampus yang disampaikan oleh Badan Pengurus Harian, Rektor UMP, Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor IV tentang sejarah dan perkembangan UMP, Visi, Misi dan Tujuan UMP, SOTK Universitas, dan Realisasi Pengamalan AIK. Selain kegiatan tersebut, mahasiswa baru juga mendapat motivasi yang sesuai dengan tema yaitu membentuk pribadi unggul, islami, dan berkemajuan dengan pembicara H. Nasrudin, M.Si. Diharapkan dengan tema tersebut dapat memotivasi mahasiswa baru untuk bersama-sama membangun pribadi-pribadi dengan kriteria tersebut.

 

Selain pembicara dari Universitas Muhammadyah Purwirejo, kegiatan PPKKMB juga diisi oleh Bimnas Polres Purworejo dengan tema pembicaraan “Hidup Sehat Tanpa Narkoba dan HIV AIDS”. Mengenai sistem pendidikan, tata kerja dan kelembagaan di Universitas Muhammadiyah Purworejo disampaikan oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III, sedangkan pengenalan SIA oleh kepala PPTIK. Kegiatan di hari pertama ini berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Hal itu dibuktikan dengan berkurangnya jumlah keterlambatan mahasiswa baru ditahun ini dibandingkan ditahun sebelumnya.

Pada hari kamis (22/9), mahasiswa baru melaksanakan kegiatan MASTA (masa ta’aruf). Kegiatan tersebut diadakan oleh IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadyah) Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hari itu juga menjadi hari puncak penutupan serangkaian acara PPKKMB. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penerbangan balon yang dipimpin oleh Rektor Universitas Muhammadyah Purworejo. Selain serangkaian kegiantan PPKMB, mahasiswa baru juga mengikuti kegiatan pawai ta’aruf yang dilaksanakan pada hari jum’at (23/9).