Seminar PBI Gandeng Pembicara dari USA
Ditulis oleh Panitia ELTiC   
Kamis, 01 September 2016 10:27
Dalam rangka melatih kemampuan public speaking mahasiswa, Program studi Bahasa Inggris Universitas Muhamadiyah Purworejo menyelenggarakan seminar nasional bertajuk English Language Teaching Learning Conference (ELTiC). Kegiatan yang berlangsung pada Selasa 30 September 2016 diruang Seminar UMP tersebut diikuti 175 peserta yang berasal dari berbagai kalangan sivitas akademika.  

Penyelenggaraan forum ini diharapkan mampu menjadi media kaderisasi mahasiswa serta mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi era MEA. Seminar dihadirkan dengan dua konsep yakni konsep Plenary Session dengan menghadirkan ketiga pembicara utama Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. dari UNY, Dr. Sudar, M.Pd. dari UMP, serta John Larsen dari Redland University USA. Konsep kedua yakni parallel session sebagai fasilitas bagi para dosen PBI, Mahasiswa serta Guru Bahasa Inggris dalam memaparkan karya ilmiahnya yang mengkritisi isu pendidikan saat ini.

Fasilitas tersebut sekaligus sebagai wujud dorongan kepada para peserta seminar khususnya para mahasiswa untuk menyaring ilmu dari para pembicara baik melalui Plenary Session maupun Parallel Session.

Tari Ndolalak dari SD Golok juga ditampilkan sebagai penyambutan John Larsen pembicara dari USA sekaligus membuka seminar pagi itu. Menurut Abdul Ngafif, kendala dari seminar ELTiC yakni masih adanya peserta yang mendaftar on the spot.

“Ada beberapa peserta yang daftarnya mendadak, on the spot sehingga kami panitia sedikit kesulitan dalam pemenuhan konsumsi dan sertifikat, akan tetapi kami cukup puas dengan kesuksesan seminar kali ini. Kedepannya seminar ELTiC akan diselenggarakan tahunan.” tandas Abdul Ngafif. Kegiatan seminar diakhiri dengan foto bareng John Larsen.