Universitas Muhammadiyah Purworejo dan Universitas Teknologi Malaysia Realisasikan Kerjasama
Ditulis oleh Humas   
Sabtu, 30 Juli 2016 08:25
Jalinan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) mulai direalisasikan di bidang pendidikan. Dalam waktu dekat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP bakal segera mengirimkan 10 orang mahasiswanya untuk menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional di Malaysia dengan dukungan penuh dari UTM.
 
Guna memantapkan program tersebut, UMP yang diwakili oleh Dekan FKIP Yuli Widiyono, M.Pd. dan Pengelola Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Tusino, M.Pd.B.I. melakukan penandatanganan MoU dengan Dekan Fakultas Pendidikan UTM Prof. Baharuddin Bin Aris.
 
Rektor UMP Drs. Supriyono, M.Pd. menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan setelah beberapa bulan lalu sejumlah duta UTM yang dipimpin langsung oleh Deputy Director (Relation) Prof. Hamdan Said, PHd. mengunjungi UMP.
 
Dekan FKIP UMP, Yuli Widiyono, M.Pd. menjelaskan dalam kunjungan tersebut pihak UTM menyambut baik rencana UMP untuk merealisasikan program pertukaran mahasiswa yang telah disiapkan. Rencananya dimulai 28 Juli hingga 28 Agustus 2016 mendatang sebanyak 10 mahasiswa UMP dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Matematika akan melakukan PPL di sejumlah SMA dan SMK di Malaysia. Mahasiswa yang dikirim telah melalui proses seleksi yang ketat dan mendapatkan pembekalan khusus. UTM juga akan mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk melakukan praktik di Purworejo akan tetapi waktudisesuaikan oleh UTM.
 
Selain daripada itu, peluang kerjasama antara dua Universitas terbuka luas di berbagai bidang. Bahkan UMP-UTM juga telah menyepakati untu merealisasikan sejumlah kerjasama lain seperti kegiatan penelitian, pengajaran, kerjasama koferensi, workshop, mendatangkan dosen tamu, serta pertukana informasi dan publikasi.
 
Ini merupakan wujud komitmen Universitas Muhammadiyah Purworejo terhadap visi dan misi Universitas serta pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan harapan kedua belah pihak saling mendapat keuntungan dan kerjasama ini bermanfaat bagi masyarakat luas.