Bhakti Ramadhan HIMA Fisika UM Purworejo 2016
Ditulis oleh Hima Fisika   
Rabu, 29 Juni 2016 10:30
Pada kesempatan kali ini kami dari HIMAPFIS akan berbagi cerita tentang kegiatan perdana atau proker yang pertama dari HIMAPFIS, yaitu Bakti Ramadhan. Kegiatan Bakti Ramadhan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2016 di Kecamatan Loano, Dusun Gembulan, dengan tema “Berbakti Sepenuh Hati Untuk Menggapai Berkah di Bulan Suci”.

Acara dimulai pagi jam 09:00 di Lab Terpadu, Plaosan. Kami berkumpul terlebih dahulu sebelum berangkat dan mempersiapkan semua barang dan peralatan yang hendak dibawa ke Kecamatan Loano. Seluruh panitia bekerjasama membawa peralatan dan barang ke lokasi karena peralatan yang cukup banyak. Alhamdulilah, sesampainya di lokasi, kami berhenti di rumah Linda Titi Lestari untuk menitipkan kendaraan, karena lokasi tidak begitu jauh dari rumah Linda. Kami bergegas menuju lokasi karena waktu sudah mulai terik. Sebelum melaksanakan kegiatan, ada pengarahan sebentar dari perwakilan warga setempat agar kegiatan yang kami lakukan berjalan dengan efisien dan baik. Setelah selesai pengarahan, tidak lupa kami berdoa agar semua berjalan dengan lancar. Kami langsung mengerjakan sesuai dengan tugas masing-masing, ada yang mengecat, ada yang membuat papan nama mushola, ada yang menyapu dan semua dilakukan dengan baik.

Pengecatan bagian dalam mushola berlangsung kira-kira selama 4 jam, setelah itu kami istirsahat sebentar untuk sholat dan melanjutkan untuk bagian luar mushola. Tepat pada waktu Ashar kami semua selesai, tinggal membersihkan sisa cat dilantai dan membersihkan lantai. Untuk teman-teman yang perempuan, dari ba’da dzuhur sampai ashar sibuk mempersiapkan takjil untuk berbuka dengan warga dusun Gembulan di Mushola A. Samsi.

Setelah semua selesai, kami segera untuk mandi dan sholat setelah itu untuk mempersiapkan acara inti, yaitu buka bersama dengan warga dusun Gembulan. Walaupun waktu kurang sesuai yang dijadwalkan, tetapi alhamdulilah warga sekitar sangat antusias untuk mengikuti acara ini, dan kami juga mengundang segenap dosen Program Studi Fisika dan teman-teman UKM, HIMA dan Ortom.

Acara buka bersama dimulai dengan hikmat dan diteruskan oleh sambutan ketua panitia, perwakilan Kaprodi oleh Ismail Ryanda, dikarenakan Bapak Eko Setiyadi S.Si., M.Pd.Si sedang berhalangan, kemudian satu orang perwakilan warga karena Bapak bayan tidak bisa hadir karena ada suatu kepentingan. Sebelum acara ditutup ada pemberian kenang-kenangan dari HIMAPFIS untuk mushola A. Samsi, berupa al- Quran dan Mukena. Setalah sambutan-sambutan selesai, dilanjutkan kultum dari bapak Kyai Chanif Dimyanti sebelum berbuka puasa. Adzan sudah berkumandang dan alhamdulilah waktu berbuka telah tiba, tak lupa berdoa bersama sebelum menyantap hidangan untuk berbuka. Semua warga dan tamu undangan menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia. Setalah buka bersama selesai, waktu untuk sholat berjamaah dengan warga akan dilaksanakan, kami membereskan dahulu piring dan gelas yang sudah selesai dipakai untuk berbuka. Sebelumnya kami telah berpamitan kepada para warga, setelah sholat tarawih kami langsung pamit pulang karena waktu yang sudah mulai larut malam. Dan akhirnya kami pulang bersama sama sampai rumah atau kost masin-masing dengn selamat.

Demikian rangkaian acara Bhakti Ramadhan HIMA Fisika 2016, sangat menyenangkan sekali bagi kami dan segenap warga di lokasi. Semoga bisa menambah pengalaman dalam berorganisasi dan bermasyarakat.
 
Foto Kegiatan