Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016
Ditulis oleh Panitia Sendika   
Selasa, 31 Mei 2016 09:05
Seiring perubahan dan perkembangan zaman, saat ini daya saing memiliki peran yang penting bagi kemajuan suatu bangsa atau negara. Negara-negara yang maju (developed countries) memiliki tingkat daya saing tinggi yang ditunjukkan dengan penguasaan teknologi dan inovasi maupun tingkat produktivitas yang sangat baik. Ukuran tingkat daya saing suatu negara dinyatakan dengan Global Competitiveness Index (GCI) yang diterbitkan setiap tahun oleh World Economic Forum (WEF) dan per tanggal 4 Maret 2016, Indonesia peringkat 37. Saat ini Indonesia telah memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN sebagai bentuk pasar bebas di tingkat ASEAN. Era global ini menuntut penyesuaian dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM).
 

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam rangka menyesuiakan dan menyiapkan sumber daya manusia tersebut telah menyelenggarakan  Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sendika 2016)  pada Sabtu, 28 Mei 2016 dengan tema “Internalisasi Nilai-nilai Berfikir Matematis Dalam Perannya di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)″. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyiapkan generasi bangsa yang berfikir untuk menyesuiakan dan menyiapkan diri menghadapi kompetisi MEA ini, terutama untuk kalangan mahasiswa, dosen, guru, peneliti dan pemerhati dalam matematika dan pendidikan matematika.

 

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber : Prof. Halina France-Jackson (Nelson Mandela Metropolitan University: South Africa), Prof. Sri Wahyuni (Universitas Gadjah Mada) dan Dr. Sugiman (Universitas Negeri Yogyakarta), kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor UM Purworejo, dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman serta penguasaan subjek yang berkaitan dengan nilai berfikir dari proses belajar matematika dalam era MEA ini. Selain itu juga untuk mendukung kesuksesan seorang dosen, guru, mahasiswa, dan siswa di masa mendatang. Rektor UM Purworejo berharap dengan adanya seminar ini akan terjadi tukar menukar informasi antar berbagai pihak terkait, serta terjalinnya kerja sama yang baik antar dosen, peneliti, guru, serta mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, sejahtera, dan berkarakter. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 250 peserta yang hadir dari penjuru nusantara ini ditutup pada pukul 15.00 WIB setelah sidang paralel yang mempresentasikan 97 judul penelitian di Bidang Matematika dan Pendidikan Matematika.