UM Purworejo Dilirik STKIP Muhammadiyah Lampung
Ditulis oleh Humas   
Senin, 30 Mei 2016 09:00
Perkembangan pesat bidang pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mendapat perhatian khusus dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi Lampung. UMP dilirik menjadi salah satu lokasi studi banding sekaligus partner kerjasamadalam sejumlah bidang.
 
Kunjungandi UMP berlangsung sehari dipimpin langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Sumarno, M.Pd bersama 24 Dosen dan pegawai, serta 143 mahasiswa. Rombongan disambut langsug oleh Rektor UMP bersama Dekan FKIP UMP : Yuli Widiyono, M.Pd beserta Ka Prodi Pend. Bahasa Inggris : Sri Widodo, S.S., M.Hum, Ka Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia : Dr. Bagiya, M.Hum, Ka Prodi Pend. Matematika: Riawan Yudi Purwoko, S.Si., M.Pd., Kepala UPT Perpustakaan UMP : Hanung Dhidhik Arifin, S.Pt. M.Si., dan juga beberapa dosen dan mahasiswa UMP.
 
Rangkaian studi banding diawali dengan paparan masing - masing kampus di Ruang Seminar Kampus Timur UMP dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan kunjungan ke sejumlah program studi. Kesempatan tersebut juga diisi dengan beragam pertunjukan oleh pegiat Kopisisa Purworejo, Soekoso DM dan MAskun Artha.
 
Ketua STKIP mengatakan, STKIP Muhammadiyah Kotabumi berdiri tanggal 9 Maret 1975 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabimu-Lampung. Sejak berdiri, STKIP telah mengalami dinamika dan terus berupaya untuk melakukan pengembangan. "Dengan kunjungan ini kami ingin belajar dari kampus-kampus yang ada di Jawa, termasuk UMP yang kami cermati mengalami perkembangan pesat dalam berbagai bidang. Kami berterima kasih atas sambutan serta jalinan kerjasama yang baik dari UMP ini" katanya.
 
Rektor didampingi Yuli Widiyono selaku ketua penerima kunjungan menyambut baik kehadiran STKIP, terlebih STKIP bersedia menjalin kerjasama dalam berbagai bidang untuk kemajuan bersama. "Dalam kunjungan ini ada proses saling belajar. InsyaAlloh, UMP juga akan melakukan kunjungan balasan ke STKIP," ungkapnya. Dijelaskan, sejumlah kerjasama yang ditangani dalam kesempatan itu secara garis besar meliputi Peningkatan Pengembangan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), serta Perpustakaan. Dalam kerjasama itu antara lain terdapat tiga prodi UMP yang digandeng, yakni Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), serta Pendidikan Matematika. "Semoga kerjasaa ini dapat terlaksana dengan baik dan terus berkembang," jelasnya.