Universitas Muhammadiyah Purworejo Mewisuda 345 Sarjana
Ditulis oleh Humas   
Rabu, 23 Maret 2016 11:34
Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) pada hari Sabtu tanggal 10 Jumadil akhir 1437 H/ 19 Maret 2016 mengadakan Rapat Senat Terbuka dengan agenda tunggal wisuda sarjana ke - 54. Sebanyak 345 wisudawan yang terdiri dari perempuan 194 orang dan laki-laki 151 orang  mengikuti acara wisuda tersebut. Wisudawan yang mendapat predikat cumlaude sejumlah 14 orang. Wisudawan yang lulus terbaik dengan meraih Indeks Prestasi Komulatif  (IPK) tertinggi saudara  Elinaningsih dari Program studi Agribisnis dengan IPK 3,82. Sementara itu wisudawan termuda pada Wisuda ke-54 adalah Dwi Pebriyani dari Program Studi Pendidikan Matematika, lahir di Purworejo berusia 21 tahun 1 bulan 15 hari.
 
Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam sambutannya berpesan hendaknya wisudawan tidak berhenti sampai disini dalam mengikuti proses pendidikan, karena proses pendidikan merupakan kegiatan yang berkelanjutan, selama jiwa masih dikandung raga. Pencapaian hari ini merupakan langkah awal untuk meraih tujuan dan cita-cita hidup, mengingat sarjana adalah sekelompok masyarakat yang dikategorikan sebagai kaum intele¬ktual dengan gelar akademik yang menggambarkan kompetensi ilmu yang telah dipelajarinya.

Universitas Muhammadiyah Purworejo mempunyai visi “unggul dalam ilmu, mulia dalam akhlak”. Visi tersebut menjadi pembeda wisudawan Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan perguruan tinggi lainnya. Wisudawan Universitas Muhammadiyah Purworejo tentu memiliki perbedaaan dalam bertindak, bersikap maupun bergaul jika dibandingkan dengan yang bukan lulusan Universitas Muhammadiyah Purworejo atau bahkan tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi.  Wisudawan juga harus memiliki sikap moral dan etika yang luhur serta religiusitas yang tinggi yang mencerminkan akhlakul karimah.

Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam rangka memberi peluang masyarakat untuk menempuh kuliah dengan banyak pilihan program studi, sekaligus meningkatkan peran kampus dalam peningkatan SDM khususnya di kabupaten Purworejo dan sekitarnya, maka saat ini telah dibuka satu program studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Insya Alloh SK Program Studi  Hukum segera terbit pada tahun ini. Dengan demikian saat ini Universitas Muhammadiyah Purworejo memiliki 5 (lima) Fakultas yaitu (1) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN dengan program studi (a) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; (b) Pendidikan Bahasa dan sastra Jawa; (c) Pendidikan Bahasa Inggris; (d) Pendidikan Ekonomi; (e) Pendidikan Matematika; (f) Pendidikan Fisika; (g) Pendidikan Teknik Otomotif; (h) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD); (2) FAKULTAS EKONOMI dengan program studi Manajemen; (3) FAKULTAS PERTANIAN dengan program studi (a) Agribisnis; (b) Peternakan; (4) FAKULTAS TEKNIK program studi Teknik Sipil; dan (5) FAKULTAS PSIKOLOGI program studi Psikologi. Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Purworejo yang saat ini memiliki 13 program studi sudah dimulai pada tanggal 29 Februari sampai dengan 3 September 2016, terbagi dalam 3 gelombang dengan sistem One Day Service dan Computer Based Test.

Kinerja Universitas Muhammadiyah Purworejo terus meningkat terkait Caturdharma Perguruan Tinggi. Selain penambahan gedung perkuliahan baru dan penambahan program studi, penambahan jumlah dosen yang studi lanjut S3 saat ini sejumlah 22 orang. Sejumlah 21 proposal Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo memenangi hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kementerian Ristekdikti pendanaan tahun 2016. Proposal yang memenangi dana hibah tersebut terdiri dari 1 judul penelitian strategi nasional (tahun ke-2), 3 judul penelitian disertasi doktor, 3 judul penelitian hibah bersaing, dan 6 judul penelitian dosen pemula, 1 judul pengabdian Iptek bagi Kewirausahaan, dan 7 judul pengabdian Iptek bagi Masyarakat, dengan nilai total hibah lebih kurang mencapai 900 juta rupiah. Hampir semua kegiatan penelitian dan pengabdian dosen tersebut berlokasi di kabupaten Purworejo, kecuali penelitian strategis nasional di pulau Karimunjawa dan 1 pengabdian dosen di Kabupaten Gunung kidul. 3 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo juga berhasil lolos dalam hibah Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai oleh Kemenristek Dikti.