Perkemahan Bhakti Racana K.H.A. Dahlan dan Nyi Walidah UMP Tahun 2010
Ditulis oleh Humas   
Selasa, 16 Maret 2010 11:40
       Purworejo, dalam rangka pengkaderan anggota pramuka Gugus Depan Universitas Muhammadiyah Purworejo dan peran serta pramuka Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam pengabdian di masyarakat, Dewan Racana 217-218 K.H.A. Dahlan dan Nyi Walidah mengadakan Pelantikan Anggota Racana angkatan 2010.
         Kegiatan perkemahan Bhakti ini dilaksanakan di Desa Purwosari Kec.Kutoarjo Kab.Purworejo yang diikuti oleh 70 peserta putra dan putri. Berlangsung selama empat hari di mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Februari 2010. Kegiatan Perkemahan Bhakti diawali dengan upacara Adat Buka Racana yang berlangsung di halaman kampus barat Universitas Muhammadiyah Purworejo dan dilanjutkan pemberangkatan peserta menuju lokasi Perkemahan Bhakti. Hari pertama perkemahan dimulai dengan kegiatan pendirian tenda, upacara pembukaan, dan ramah tamah antara peserta dan panitia. Senin, 22 Februari dini hari, dilaksanakan pencarian Badge Racana yang bertempat di Makam Pahlawan Desa Wareng. Hari kedua  dilaksanakan serangkaian kegiatan seperti diskusi kepramukaan, leadership, pembekalan bina gudep, outbound, diskusi kesakaan, dan pemutaran film.
         Di hari ketiga juga masih dilaksanakan serangkaian kegiatan yang agak menguras tenaga seperti bhakti masyarakat, pelatihan upacara penegak, lomba-lomba umum, lomba masak non beras, pembekalan bina gudep, api unggun dan pentas seni. Dini hari dilangsungkan kegiatan pencarian kaos Racana dan renungan yang berlokasi di lapangan Desa Wareng. Rabu, juga masih terlihat serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta perkemahan, diantaranya bazaar, pendalaman Tekpram, bina gudep siaga ditiga gudep di lingkungan sekitar, diskusi upacara sebagai alat pendidikan, pamitan warga, dan siraman rohani. Di sela waktu kegiatan terakhir diadakan Sidang Adat Racana yang berjalan begitu menegangkan dan berjalan sekitar empat jam. Hampir seluruh peserta perkemahan mendapatkan hadiah tuntutan sangsi atas perbuatan yang melanggar ketentuan Adat Racana di sidang tersebut.
         Baru setelah Sidang Adat selesai, kemudian dilanjutkan pembongkaran tenda sekitar pukul 01.00  dini hari. Pukul 02.30 dilanjutkan perjalanan pulang dengan berjalan kaki dari tempat perkemahan sampai SMA PMB Kutoarjo dan di sambung dengan kendaraan menuju kampus. Setelah sampai kampus dilanjutkan upacara pelantikan anggota Racana angkatan 2010 oleh Dewan Adat Racana Heru Prasetyo, yang dikarenakan Pembina Racana berhalangan untuk melantik dan di lanjutkan upacara Adat Tutup dan kembali kerumah masing-masing.
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini913
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15811
mod_vvisit_counterBulan ini49297
Kami memiliki 19 tamu online