Pembekalan KKN UMP 2010
Sabtu, 30 Januari 2010 12:12
          Pembekalan bagi mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di auditorium Universitas Muhammadiyah Purworejo sejak tanggal 27 - 28 Januari 2010. Acara berlangsung dari pukul 07.30 sampai dengan 11.00 wib. Sejumlah kurang lebih 500 orang mahasiswa UMP akan ditempatkan di desa-desa selama kurang lebih satu bulan untuk berbaur dengan masyarakat. Beberapa desa yang rencananya akan ditempati oleh mahasiswa selama KKN antara lain 14 desa di kecamatan Butuh, 14 desa di kecamatan Pituruh dan 12 desa di kecamatan Grabag. 
          Materi pembekalan disampaikan oleh Rektor dan para Pembantu Rektor. Dalam kesempatan tersebut Rektor UMP menyampaikan tentang akhlaq pergaulan, beliau berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik diri dan almamaternya dengan senantiasa menunjukkan akhlaq yang baik dalam bertetangga, bertamu, menerima tamu, tanggung jawab sebagai warga masyarakat, dan lebih jauh Beliau menjelaskan mengenai kewajiban sosial sesama muslim.
          Sementara itu PR IV dalam materinya menyampaikan tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dapat diterapkan di masyarakat untuk lebih memberdayakan ekonomi pedesaan. Diantara teknologi yang dapat diterapkan di pedesaan antara lain pemanfaatan kotoran ternak untuk bahan baku pembuatan pupuk kandang sehingga akan menekan biaya pembelian pupuk oleh petani. Kotoran ternak juga dapat digunakan sebagai bahan baku bio gas dengan pengolahan terlebih dahulu. Selain itu teknologi penjernihan air dengan cara tradisional dengan memanfaatkan bahan baku dari alam dengan mengolah air yang keruh menggunakan ijuk, batu pasir, biji kelor dll. Pemanfaatan TTG ini sangat efisien sekali dimana ongkos produksi dapat diminimalisir dan hasilnya pun tidak kalah dibandingkan dengan alat buatan pabrik.