Segera Terbit Majalah Kampus
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 08 Januari 2010 17:52
          Salah satu citra perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah dan pusat pengembangan budaya adalah adanya media komunikasi dan informasi akademik. Yang lebih populer biasa disebut dengan istilah pers kampus. Pada saat ini, Pers kampus harus bisa menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pembangun komunikasi dan informasi di wilayah kampus. Hal itu, bukan hanya tuntutan melainkan merupakan kebutuhan.
          Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik,  sebagai lembaga pers kampus di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), akan menerbitkan majalah. Rencananya, majalah yang diberi nama Lensa Kampus  ini, akan diterbitkan pertengahan bulan Januari ini. Menurut pemimpin redaksi majalah, yaitu Akhmad Muntaha, majalah ini akan diterbitkan setelah izin penerbitan dari rektor turun. “Sekarang ini izin penerbitan majalah dari rektor sedang kami usahakan” ungkapnya beberapa waktu yang lalu. Lebih lanjut, mahasiswa semester VII dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia itu mengungkapkan bahwa majalah ini akan diterbitkan jika sudah ada izin dari rektor.
          Majalah dengan tebal 36 halaman ini, berisikan beberapa rubrikasi yang tentunya berkaitan langsung maupun tidak dengan dunia kemahasiswaan. Di antaranya, fokus utama, wacana (mahasiswa), inovasi, profil, kabar kampus, konsultasi studi, rektor berbicara, dll. Untuk edisi perdana ini, rubrik fokus utamanya mengulas tentang dunia mahasiswa dan organisasi. Berbagai pendapat tentang kuliah dan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa diulas cukup lengkap di rubrik ini, baik yang pro maupun kontra dengan kegiatan organisasi mahasiswa. Selain itu, ada juga wacana dari mahasiswa yang berkaitan dengan aktivis kampus yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Yang menarik adalah majalah ini merupakan majalah pertama yang diterbitkan oleh mahasiswa UMP.
          Sasaran pembaca dari majalah ini nantinya adalah para mahasiswa, dosen, dan karyawan UMP serta masyarakat umum. Besaran harga majalah ini, sampai saat ini belum bisa ditentukan oleh yang bersangkutan. Akan tetapi, yang jelas, harga yang ditetapkan nantinya dapat terjangkau oleh semua pihak. Khususnya bagi mahasiswa UMP.  
          Majalah Lensa Kampus  sendiri merupakan salah satu bentuk realisasi program kerja yang telah direncanakan beberapa waktu lalu saat Pembekalan dan Pemantapan UKM Jurnalistik. Selain menerbitkan majalah, UKM ini juga sudah menerbitkan bulletin dengan nama Lentera. UKM yang baru dibentuk 3 bulan yang lalu ini, juga sedang merencanakan kunjungan jurnalistik ke beberapa perusahaan pers dan Lembaga Pers Kampus yang ada di Jateng dan DIY.
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini1256
mod_vvisit_counterKemarin2831
mod_vvisit_counterMinggu ini8325
mod_vvisit_counterBulan ini63948
Kami memiliki 116 tamu online