Proposal PKM UMP Lolos ke PIMNAS 2009
Ditulis oleh Endro Purnomo, S.Kom   
Minggu, 05 Juli 2009 06:03
         UMP berhasil lolos seleksi proposal PKM ke PIMNAS 2009. Proposal PKM bidang Teknologi dan Rekayasa dengan judul kegiatan "Prototype Gitar Akustik Media Kayu Maoni" yang diketuai oleh Muhammad Nur Fadli dan di bawah bimbingan dosen ibu Dwi Irawati, SE, M.Si berhasil lolos seleksi proposal dan siap untuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS XXII 2009 di Universitas Brawijaya, Jawa Timur. PIMNAS XXII 2009 akan berlangsung dari 22 s.d. 25 Juli 2009 dan diikuti oleh 270 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 95 perguruan tinggi dan  60 peserta dari Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT).
         Peserta yang tampil di PIMNAS XXII ini adalah mereka yang terpilih. Mereka mampu menyisihkan 19 ribu proposal/peserta yang masuk/mendaftar pada tahap awal dan melewati tidak kurang dari 4.360 proposal/peserta (dari 19 ribu) yang sudah lolos seleksi. Pimnas telah menggerakkan tidak kurang dari 95 ribu mahasiswa Indonesia untuk terlibat  berfikir dan berkreasi bersama, karena setiap proposal dikerjakan secara berkelompok, kurang lebih beranggotakan lima orang. Tidak salah kita sebut PIMNAS merupakan simbol kreatifitas mahasiswa Indonesia.  Jumlah itu, belum lagi kalau dihitung untuk kegiatan Poster, Gelar Produk PKM dan plus sejumlah kegiatan penunjang lainnya yang tidak kalah atraktifnya dengan kegiatan utama.
         Pimnas dengan perjalanan sejarahnya yang telah menapaki umur 22 tahun, dimulai pertama kali pada tahun 1988 di Universitas Indonesia adalah program strategis pengembangan mahasiswa Indonesia. Ada kompetisi dalam kebaikan dan prestasi.
         Menurut Dirjen Dikti, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, mahasiswa yang berprestasi ini harus dikawal dan diperhatikan oleh kampus mulai dari jurusan sampai universitas. Menurut Dirjen, ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah menfasilitasi dan mendorong kreatifitas mahasiswa di Indonesia di bidang penalaran.
         PIMNAS melengkapi program Kemahasiswa Dikti yang lain seperti Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Kontes Jembatan Indonesia (KJI), Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional bidang Informasi dan Telekomunikasi (GEMASTIK), dan Kontes Roket. Program Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Pesta Seni Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), Temu Wicara dan Kenal Medan Mahasiswa Pecinta Alam (TWKM Mapala), Temu Bhakti KSR-PMI Unit Perguruan tinggi se Indonesia. World University Championship: kegiatan olah raga singel event yang diselenggarakan oleh FISU sekali dua tahun; Asean University Games atau POM ASEAN dan Pekan Olah Raga Nasional (POMNAS). Ada perpaduan antara Olah Hati, Olah Fikir, Olah rasa dan Olah Raga. Seluruh kegiatan itu juga berfungsi membangun soft Skill mahasiswa yang tidak kalah pentingnya dari hard skill yang mereka dapatkan di bangku kuliah.
 
Hasil seleksi Proposal yang lolos ke PIMNAS XXII 2009 dapat di download disini - download
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini1259
mod_vvisit_counterKemarin2831
mod_vvisit_counterMinggu ini8328
mod_vvisit_counterBulan ini63951
Kami memiliki 119 tamu online