UMP Menangkan Hibah Soft Skills Tahun ke 2
Ditulis oleh Dr. Sugeng Eko Putro, M.Pd.   
Sabtu, 20 Juni 2009 16:52
           Setelah tahun 2008 dianggap berhasil mengelola program hibah soft skills tahun pertama, pada tahun 2009 ini UMP memperoleh kepercayaan kembali dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dengan memenangkan hibah kompetisi program soft skills tahun ke 2 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Program yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti ini merupakan stimulan bagi perguruan tinggi untuk menyelenggarakan program pengembangan soft skills bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan. Melalui program pengembangan soft skills ini, mahasiswa selain menguasai kecakapan akademik (academic skills) diharapkan juga menguasai seperangkat kecakapan strategis yang dibutuhkan dalam dunia kerja seperti kepercayaan diri, kemampuan berdaptasi, kecakapan berkomunikasi, kecakapan bekerja sama, kecakapan berwirausaha dan kecakapan-kecakapan yang tidak diperoleh di bangku kuliah.
           Menurut koordinator program, Dr. S. Eko Putro Widoyoko, program pengembangan soft skills bagi mahasiswa UMP pada tahun 2009 diimplementasikan pada enam kegiatan yaitu:
  1. Pengembangan rasa percaya diri dan kemampuan beradaptasi mahasiswa peserta PPL tahun 2009. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan bulan Juli 2009 bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan kemampuan beradaptasi mahasiswa.
  2. Workshop pengembangan strategi pembelajaran berbasis soft skills. Peserta terdiri dari seluruh Kaprogdi dan Sekprogdi, perwakilan dosen, tim pengembang soft skills UMP serta pejabat struktural terkait.
  3. Workshop penyusunan nilai-nilai dasar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di UMP beserta sistem dan strategi pengembangannya. Peserta terdiri dari seluruh dosen AIK, anggota LP3AK, tim pengembang soft skills UMP, perwakilan BPH dan pejabat struktural terkait.
  4. Workshop penyusunan buku panduan pengembangan soft skills mahasiswa UMP.  Peserta terdiri dari tim pengembang soft skils UMP, seluruh kaprogdi, rektor dan pembantu rektor. Ketiga kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2009.
  5. Monitoring dan evaluasi implementasi hasil pembekalan di sekolah latihan bagi peserta program praktek pengalaman lapangan PPL.
  6. Pengembangan learning skills dan motivation skills bagi seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2009/2010 yang akan dilaksanakan pada bulan September 2009.
           Nara sumber direncanakan berasal dari kalangan UMP yang telah memperoleh pelatihan soft skills tahun 2008, dari UGM, PP Muhammadiyah dan PT lain yang mempunyai kompetensi dalam bidang pengembangan soft skills.
           Dengan berbagai macam kegiatan tersebut, pasca berakhirnya hibah soft skills dari dikti diharapkan untuk waktu ke depan ada keberlanjutan kegiatan pengembangan soft skills mahasiswa UMP, sehingga mampu meningkatkan daya saing lulusan UMP dalam dunia kerja.