UMP Menangkan Hibah Soft Skills
Ditulis oleh PPTIK   
Rabu, 31 Desember 2008 14:13
           Setelah melalui perjuangan cukup panjang, pada tahun 2008 UMP berhasil memenangkan hibah kompetisi program soft skills dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Program yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti ini merupakan stimulan bagi perguruan tinggi untuk menyelenggarakan program pengembangan soft skills bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan. Melalui program pengembangan soft skills ini, mahasiswa selain menguasai kecakapan akademik (academic skills) diharapkan juga menguasai seperangkat kecakapan strategis yang dibutuhkan dalam dunia kerja seperti kepercayaan diri, kemampuan berdaptasi, kecakapan berkomunikasi, kecakapan bekerja sama, kecakapan berwirausaha dan kecakapan-kecakapan yang yang tidak diperoleh di bangku kuliah.
           Menurut koordinator program, Dr. S. Eko Putro Widoyoko, program pengembangan soft skills bagi mahasiswa UMP pada tahun 2008  diimplementasikan pada tiga kegiatan pokok. Pertama, pengembangan rasa percaya diri dan kemampuan beradaptasi mahasiswa UMP. Kegiatan ini yang dilaksanakan tanggal 14 dan 15 Juli 2008 bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan kemampuan beradaptasi mahasiswa.  Peserta berjumlah 425 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa peserta PPL sebanyak 400 orang dan aktivis mahasiswa sejumlah  25 orang. Materi pembekalan di antaranya meliputi : Adaptive Skills oleh Dr. S. Eko Putro Widoyoko (dosen UMP); Membangun Potensi Diri oleh Dr. H. Choirudin Bashori (mantan Rektor UMY); Membangun Pribadi Unggul, oleh Prof. Dr. H. Noor Rochman Hadjam, (Dekan Fakultas Psikologi UGM); Membangun Pribadi Islami, oleh Drs. M. Fakhrudin, M.Hum. (Rektor UMP).
           Kedua, pengembangan komitmen terhadap kebutuhan soft skills mahasiswa UMP. Kegiatan kedua dilaksanakan pada 18 Agustus 2008 bertujuan untuk menumbuhkan komitmen dosen dan pejabat struktural tentang pentingnya pengembangan soft skills mahasiswa sebagai bekal meraih sukses di dunia kerja dan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Peserta semua dosen tetap dan pejabat struktural UMP. Narasumber Dr. Illah Sailah, dari Ditjen Dikti.
           Ketiga, pembentukan dan pemberdayaan tim pengembang soft skills mahasiswa UMP. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keberlanjutan kegiatan pengembangan soft skills mahasiswa UMP untuk waktu ke depan setelah bantuan dana dari Ditjen Dikti berakhir. Pembentukan tim pengembang soft skills UMP dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2008, sedangkan pelatihan bagi anggota tim pengembang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 19 Agustus 2008. Materi pelatihan bagi tim pengembang meliputi: Learning skills oleh Dr. Supra Wimbarti (dosen Fakultas Psikologi UGM); Entrepreneurship skills oleh Prof. Dr. Djamaludin Ancok (Direktur Pascasarjana Fakultas Psikologi UGM); Leaderships dan Motivation skills oleh Dr. Illah Sailah, dari Ditjen Dikti.