Rektor UM Purworejo Resmikan Pondok Pesantren Mahasiswa “H.M.Roestam”
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 28 Februari 2020 11:23
Pondok Pesantren Mahasiswa (Pesma) “H.M.Roestam” Universitas Muhammadiyah  (UM) Purworejo telah diresmikan pada Jumat malam (21/02/2020). Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Rektor UM Purworejo, Ketua Badan Pelaksana Harian UM Purworejo, kepala desa yang diwakili oleh sekretaris desa Loano serta jajaran perangkat desa, kadus RW RT dan Pengasuh Pesma AL Chudlorie UM Purworejo dan warga sekitar yang keseluruhan dihadiri 100 orang. Pada peresmian tersebut  diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan sambutan dan pengajian.

Rektor UM Purworejo dalam sambutanya menyampaikan bahwa UM Purworejo ini sudah memiliki pesantren mahasiswa sejak lama yang bernama pesantren Al Chudlorie. Lokasi pesma ini berada di kompleks Baledono untuk putri dan untuk yang putra berada di kompleks kampus UM Purworejo tepatnya gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kampus Timur UM Purworejo. Tempatnya yang bersebelahan dengan UKM serta fasilitas pesma yang berbeda dengan UKM ini ternyata menimbulkan kecemburuan sosial antar organisasi mahasiswa lainya, sehingga perlu adanya tempat baru untuk mengakomodir santri. “Alhamdulillah, wakaf ini memberikan solusi yang tepat dan Insya Allah pewakif ini akan mendapatkan amal jariyah yang tidak akan terputus amalnya, harapan kedepan antara pesma H.M Roestam ini bisa bersinergi dengan masyarakat sekitar dan kampus, demi kemajuan bersama, ” ungkapnya.

Sementara sekretaris desa dalam sambutanya yang mewakili kepala desa menyampaikan bahwa tanah dan bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi desa Loano, karena sebelum adanya kepala desa di Loano, pemangku desa ini adalah  yang pernah tinggal di lokasi ini yang kemudian mewariskan tanah dan bangunanya untuk Haji Muhammad Roestam (H.M. Roestam) sebagai pewakif yang telah mewakafkan tanahnya untuk Muhammadiyah, melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo, dan dipercayakan ke Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang hari ini diresmikan menjadi pesantren mahasiwa  putra HM Roestam  Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Dalam tausyiyah yang diisi oleh Ustadz Sundarto dari Magelang juga dinyampaikan pentingnya seorang santri dalam membangun bangsa ini, bagaimana santri bisa menjiwai Al-Qur’an dan sunnah nabi serta mengamalkanya menjadi kunci untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Acara kemudian diakhiri dengan do’a penutup yang dipimpin oleh Ustadz Nasrudin, M.Si selaku Mudhir/Pengasuh pesantren Al-Chudlorie.


 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini914
mod_vvisit_counterKemarin2520
mod_vvisit_counterMinggu ini13806
mod_vvisit_counterBulan ini8573
Kami memiliki 24 tamu online