Tingkatkan Keterampilan Bicara, Prodi PBSI UM Purworejo Gelar Workshop Public Speaking
Ditulis oleh Humas   
Kamis, 31 Oktober 2019 16:52
Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda sekaligus menyemarakkan bulan bahasa, Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menggelar workshop Public Speaking. Acara ini digelar di ruang seminar gedung rektorat UM Purworejo dan diikuti oleh seratus peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai prodi di UM Purworejo, pengajar dari beberapa sekolah di Purworejo dan alumni UM Purworejo. Mengangkat tema "Kenali Potensimu, Jadilah Pembicara Andal”, workshop ini diisi penyampaian materi oleh 3 orang narasumber berpengalaman yaitu Umi Faizah, M.Pd. (Praktisi pembawa acara, MC, Public Speaker dan Akademisi), Yoshita Wijaya (Penyiar Radio Swara Kenanga 100.1 UMP FM), dan Zuly Qurniawati, M.Hum. (Presenter TV dan Radio, Profesional MC, Public Speaker, dan Akademisi).        
 
Acara ini merupakan output dari mata kuliah kepewaraan pada semester 5 PBSI yang diselenggarakan oleh mahasiswa semester 5 PBSI. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang public speaking dan pentingnya menguasai teknik public speaking, serta menanamkan kemampuan public speaking yang baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan peserta dalam berbicara di depan umum,” jelas Sita Haryaningsih selaku ketua panitia. Dirinya berharap agar acara workshop public speaking ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dalam menuju karir mereka. 
 
Pada kesempatan tersebut, Umi Faizah, M.Pd. mengawali sesi materi dengan menjelaskan tentang macam-macam public speaking, bagian-bagian dari pembicaraan, dan faktor penentu keberhasilan public speaking. Kemudian dilanjutkan oleh Yoshita Wijaya yang berprofesi sebagai Penyiar Radio Swara Kenanga 100.1 UMP FM. Dirinya membagikan rahasia menjadi penyiar radio profesional kepada para peserta. Sementara narasumber terakhir, Zuly Qurniawati, M.Hum. yang aktif sebagai presenter TV dan juga salah satu dosen PBSI UM Purworejo membagikan tips menjadi penyiar berita televisi.  
 
Salah satu peserta workshop, Umi dari prodi PBSI semester 1 mengungkapkan alasannya mengikuti acara tersebut. Menurutnya, kemampuan berbicara adalah hal yang sangat penting karena hal tersebut sangat menunjang kesuksesan hidup kita, contohnya seperti ketika berpidato, presentasi, kerja, dan masih banyak lagi kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan berbicara. Dengan mengikuti seminar ini, saya berharap kemampuan berbicara yang saya miliki akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi setelah termotivasi oleh apa yang disampaikan narasumber," pungkasnya.  

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini899
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15797
mod_vvisit_counterBulan ini49283
Kami memiliki 14 tamu online