UM Purworejo Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91
Ditulis oleh Humas   
Selasa, 29 Oktober 2019 08:35
Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo menggelar upacara bendera di halaman kampus barat UM Purworejo. Upacara ini diikuti oleh seluruh dosen dan pegawai UM Purworejo serta mahasiswa yang terdiri dari pengurus IMM komisariat UMP, UKM, HIMA, mahasiswa KBMI tahun 2019 dan semua mahasiswa penerima beasiswa dan PKM tahun 2019. Dipimpin oleh petugas dari UKM Menwa UM Purworejo, upacara bendera berlangsung dengan tertib dan hikmat.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag.   Dalam sambutannya, Dr. Rofiq menyampaikan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia tentang Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan tema “bersatu kita maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dalam persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Namun, Menpora menyebut bahwa kemajuan tidak akan pernah tercapai kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” pungkasnya.  

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini881
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15779
mod_vvisit_counterBulan ini49265
Kami memiliki 23 tamu online