Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, UM Purworejo Gelar Seminar Regional Ketahanan Nasional
Ditulis oleh Humas   
Senin, 28 Oktober 2019 10:56
Sabtu 26 Oktober 2019 telah digelar Seminar Regional “Memahami Keberagaman Dalam Perspektif Ketahanan Nasional”. Bertempat di Gedung Bharata Ekasakti 412 Purworejo, acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, S.H., Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong serta menghadirkan 3 pembicara ahli di bidang ketahanan nasional, yaitu Profesor Armaydi Arnawi (Ketua Program Studi Ketahanan Nasional Universitas Gajah Mada Yogyakarta), Dr Budi Setiawan, MSi (Dekan Fakultas Ilmu Sosial UM Purworejo), dan Letkol Infanteri Eko Bintara Saktiawan (Komandan Yonif Mekanis Raider 412/BES Kostrad Purworejo).

Seminar ini merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan Yonif Mekanis Raider 412 / BES Kostrad Purworejo,” jelas Agus Budi Santoso selaku penyelenggara. Acara ini diikuti oleh 120 peserta terdiri dari mahasiswa UM Purworejo, Akper Pemkab Purworejo, Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo, Komunitas Berita Terbaru Purworejo (BPT) dan Mafindo (Masyarakat anti fitnah dan hoaks Indonesia) Purworejo.
 
Dalam pemaparannya, Profesor Armaydi Arnawi menekankan pada pentingnya membangun keindonesiaan dan keragaman. Selain itu, Dr Budi Setiawan, MSi yang merupakan pakar demografi UM Purworejo mengungkapkan bahwa dalam menghadapi bonus demografi 2020-2030, diperlukan SDM yang berkualitas yang bukan hanya mengandalkan life skill, namun juga soft skill, seperti kreativitas, kepedulian, dan empati. Sementara itu, Komandan Yonif Mekanis Raider 412/BES Kostrad Purworejo, Letkol Infanteri Eko Bintara Saktiawan menyampaikan pengalaman dan gagasan saat dirinya bertugas di Papua.

Dalam acara tersebut juga diadakan penandatanganan deklarasi kebangsaan “Purworejo Siap Menjaga Toleransi Keberagaman Nasional Untuk Indonesia Damai” yang dilakukan oleh semua peserta seminar.

Ahmad Amin Mubarok, salah satu peserta mahasiswa dari prodi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif UM Purworejo semester 5 mengungkapkan bahwa seminar regional ini telah membuka wawasannya setelah mendengarkan semua materi yang disampaikan pembicara.

Setelah mengikuti seminar regional ini, saya memperoleh pemikiran bahwa setiap orang pun dari profesi yang berbeda memiliki perannya masing-masing. Jadi kita sebagai seorang mahasiswa yang belum berperan langsung dalam ibaratnya dalam pemerintahan kita hanya bisa memilah dan berpikir kristis tentang permasalahan yang ada di negara kita terkait dengan ketahanan nasional,” ungkap Amin.

Dirinya berharap agar seminar seperti ini dapat digelar kembali dengan tokoh pembicara yang berbeda serta memberikan lebih banyak lagi kesempatan kepada peserta untuk bertanya jawab dengan pembicara sehingga dapat mengetahui pendapat dari tokoh-tokoh lain yang berperan aktif dalam masyarakat.
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini864
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15762
mod_vvisit_counterBulan ini49248
Kami memiliki 16 tamu online