Gelar DORAS, KSR Unit UM Purworejo Sosialisasikan Manfaat Donor Darah
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 18 Oktober 2019 09:50
Korps Sukarela (KSR) Unit Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo telah menggelar Kegiatan Donor Darah Sukarela (DORAS) pada tanggal 15 Oktober 2019. Bertempat di ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan pihak PMI Kabupaten Purworejo yang menyediakan peralatan untuk donor darah dan melakukan pengambilan darah.

Siti Latifah, ketua panitia kegiatan DORAS mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh KSR Unit UM Purworejo setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menjaga stok darah di PMI Kabupaten Purworejo sekaligus sebagai ajang sosialisasi tentang manfaat donor darah.   

Yang mendaftar dalam kegiatan DORAS ada 74 orang dan yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya sebanyak 60 orang. Pendaftar tidak hanya dari mahasiswa, dosen, dan pegawai UM Purworejo namun ada juga dari kampus lain, seperti mahasiswa dari AKBID, AKPER, dan POLSA,” jelas Latifah.

Salah satu petugas donor darah PMI Kabupaten Purworejo, Riyadhi, menyebutkan bahwa kebutuhan transfusi darah di Kabupaten Purworejo setiap bulannya rata-rata berkisar antara 800 – 900 kantong. Dengan adanya kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap 3 bulan sekali ini, pihaknya sangat mengapresiasi atas nama PMI terhadap UM Purworejo dan juga mahasiswa yang sudah ikut berbagi dalam program donor darah ini.

Pihaknya juga berharap agar partisipasi warga UM Purworejo khususnya mahasiswa tidak hanya berhenti di UM Purworejo saja, namun setelah lulus dari UM Purworejo juga bisa mensosialisasikan kepada keluarga, kerabat, maupun masyarakat bahwa donor darah itu menyehatkan. Menurutnya, ada beberapa manfaat dari donor darah baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Manfaat baik untuk diri sendiri sebagai pendonor karena dengan donor darah, aliran darahnya menjadi lebih bagus, pertumbuhan sel darahnya menjadi lebih bagus, dan kesehatannya juga akan menjadi lebih bagus. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kebutuhan darah masyarakat akan terpenuhi,” jelasnya.          

Aryo Febrian, salah satu mahasiswa pendonor dari prodi Manajemen UM Purworejo mengaku baru pertama kalinya mengikuti donor darah. Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah memberikannya banyak manfaat. “Kegiatan ini sangat bagus terutama dari segi manfaat karena dapat meningkatkan kepedulian kita untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan bantuan darah. Saya merasa senang ikut donor darah ini karena darah saya berguna bagi orang yang membutuhkan,” ungkapnya.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini816
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15714
mod_vvisit_counterBulan ini49200
Kami memiliki 18 tamu online