Krisis Air Bersih Melanda Purworejo, UM Purworejo Salurkan Bantuan Air Bersih
Ditulis oleh Humas   
Sabtu, 12 Oktober 2019 11:04
Musim kemarau panjang menyebabkan sejumlah daerah di Purworejo dilanda kekeringan. Kekeringan yang terjadi di beberapa desa di Purworejo berdampak langsung pada sulitnya warga untuk mendapatkan air bersih. Sebagai bentuk kepedulian kepada warga, UM Purworejo melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) menggalang dana untuk penyaluran bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan. Puluhan tangki air bersih telah didistribusikan kepada mereka yang mengalami krisis air selama musim kemarau.

Bantuan air bersih sudah didistribusikan ke warga di beberapa desa, antara lain desa Sudimoro, desa Donorati, desa Brengkol, dusun Jeruk Purut Kaliharjo, desa Sokoagung, desa Somongari, desa Kedung Pucang, desa Legetan, desa Kedung Batur, desa Jambean, desa Donorejo, dan Kemiri” jelas Nasrudin, S.Pd.I, M.S.I selaku pengurus LAZISMU UM Purworejo.

Aksi ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan UKM Mapala Surya Rimba UM Purworejo yang ikut terjun langsung menyalurkan air bersih ke lokasi. Selain itu, pada Kamis, 10 Oktober 2019, turut hadir pula Wakil Rektor IV UM Purworejo yang menyaksikan langsung pendistribusian air bersih di desa Sokoagung, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Salah satu warga desa Sokoagung mengatakan bahwa kekeringan yang melanda di daerahnya merupakan yang terparah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Sebelumnya, jarang ada kekeringan seperti ini. Ini yang terparah karena sumber air dan sungai juga kering. Untuk mencuci dan mandi, kita harus turun ke sungai mencari genangan air,” ungkapnya.

Adapun pendistribusian air bersih di area Purworejo masih terus berjalan hingga merata ke seluruh daerah Purworejo yang dilanda krisis air bersih. Bagi siapapun yang ingin menyalurkan bantuannya, bisa langsung menghubungi sekretariat LAZISMU UM Purworejo yang bertempat di bagian LP3AK gedung Rektorat UM Purworejo.  

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini823
mod_vvisit_counterKemarin2385
mod_vvisit_counterMinggu ini15721
mod_vvisit_counterBulan ini49207
Kami memiliki 25 tamu online