Hadapi Revolusi Industri 4.0, Prodi PBI UM Purworejo Gelar Seminar Nasional ELTiC 4
Ditulis oleh Humas   
Rabu, 09 Oktober 2019 11:28
Sabtu, 5 Oktober 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo menyelenggarakan Seminar Nasional ELTiC (English Language Teaching Learning Conference) yang keempat. Dengan mengusung tema “Enhanching English Language Teaching – Learning in Industrial Revolution 4.0 : Method, Strategy and Assessment”, seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara, yaitu Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Dekan FKIP Universitas Tidar Magelang, Sean T. Stellfox, B.A. dari Neuman College, Aston, Pennsylvania, USA dan Dr. Sudar, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM  Purworejo. Seminar Nasional ini merupakan agenda tahunan Prodi PBI UM Purworejo yang bertujuan untuk meningkatkan atmosfer akademik di Prodi PBI pada khususnya dan para pendidik dan peneliti bidang Bahasa Inggris pada umumnya.

Bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat UM Purworejo, seminar nasional ELTiC 4 ini juga dihadiri oleh para pemakalah-pemakalah dari berbagai lembaga diantaranya adalah dari STIE Putra Bangsa Kebumen, Universitas NU Kebumen, SMK TKM Purworejo, SMK Institut Indonesia, dan lain sebagainya. Rangkaian acara diawali dengan sambutan Ketua Penyelenggara ELTiC 4, Dr. Semi Sukarni, M.Pd., sambutan Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., dan dilanjutkan dengan materi dari ketiga pembicara. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Sukarno, M.Si. menjelaskan tentang metode, strategi dan penilaian yang sesuai dan tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di era revolusi industri 4.0 yang sedang dihadapi saat ini. Kemudian dilanjutkan dengan materi dari Dr. Sudar, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen PBI UM Purworejo. Pada kesempatan itu, Dr. Sudar menjelaskan tentang penggunaan internet dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sementara pada sesi terakhir diisi pemaparan materi oleh Sean T. Stellfox, B.A. Sean Stellfox adalah staff pengajar dari Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar AS & Konsulat di Indonesia. Pada kesempatan itu, Sean Stellfox  menyampaikan materinya tentang Teknologi Informasi di dalam Pendidikan 4.0. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi makalah pada siang harinya.

Selain kegiatan seminar dan presentasi makalah, ELTiC 4 kali ini berlangsung dengan suasana yang berbeda dari acara ELTiC sebelumnya, yaitu dengan adanya kegiatan PBI Goes to School. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya mewujudkan misi Prodi PBI menjadi pusat pengembangan Bahasa Inggris di Kabupaten Purworejo. Pada kesempatan ini, SMPN 2 Purworejo menjadi lokasi PBI Goes to School dengan agenda Having Conversation with Native Speaker. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari para siswa SMPN 2 Purworejo. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan dan antusiasme para siswa dalam berdiskusi dengan native speaker. Banyak dari mereka yang ingin tahu tentang budaya dan kebiasaan orang Amerika.

Dr. Semi Sukarni, M.Pd. selaku ketua penyelenggara ELTiC 4 mengungkapkan bahwa acara ini memberikan banyak hal positif baik bagi peserta maupun pemakalah, diantaranya mendapatkan banyak wawasan ataupun ilmu baru sehingga bisa diterapkan oleh guru, dosen, bahkan mahasiswa sebagai calon pengajar.

Seminar Nasional ELTiC ini merupakan wadah bagi para mahasiswa, dosen, dan guru dalam berbagi pengetahuan seputar dunia akademik khususnya Pendidikan Bahasa Inggris dan juga memperluas pergaulan khususnya dengan native speaker,” jelasnya.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini1096
mod_vvisit_counterKemarin1710
mod_vvisit_counterMinggu ini17147
mod_vvisit_counterBulan ini20560
Kami memiliki 43 tamu online