Gelar Kuliah Pakar, Prodi Teknik Sipil UM Purworejo Hadirkan Direktur PT. PP (Persero) Tbk
Ditulis oleh Panitia   
Sabtu, 28 September 2019 14:40
Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation (sumber: ristekdikti)
 
Dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Teknik Sipil khususnya dibidang konstruksi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik mengundang Bapak Ir. Abdul Haris Tatang, M.Sc. untuk menyampaikan kuliah kepada mahasiswa. Beliau adalah Direktur Operasional 3 PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, menyampaikan materi dengan tema  “Peluang Masa Depan Mahasiswa Teknik Sipil” . Beberapa pokok bahasan yang disampaikan adalah:
1. Prestasi perusahaan yang telah dicapai PT. PP (Persero) Tbk.
2. Company profile PT. PP (Persero) Tbk.
3. Tren konstruksi di Industri 4.0
4. Tren konstruksi masa depan
5. Proses konstruksi masa depan
6. Video profile dan Pengenalan BIM (Building Information Modeling) untuk konstruksi
7. BIM sebagai jembatan proses konstruksi menuju Industri 4.0 
8. Contoh digitalisasi di bidang konstruksi
9. Implementasi BIM di proyek konstruksi yang sudah dikerjakan dan yang sedang dikerjakan oleh PT. PP (Persero) Tbk. Misalnya pada proyek stadion utama propinsi Papua
10. Portofolio Proyek-proyek PT PP (Persero) Tbk.
 
Di akhir sesi pemaparan materi beliau menyampaikan terkait bagaimana cara mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.
 
Kuliah pakar ini diselenggarakan di Ruang Seminar Kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo pada Kamis, 26 September 2019 dan dihadiri sekitar 125 mahasiswa, staff pengajar dan Dekan Fakultas Teknik. 
 
Eko Riyanto, M.Eng selaku ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakanya kuliah pakar ini adalah supaya mahasiswa Teknik Sipil mengerti kemajuan perkembangan jasa industri konstruksi di lapangan, sehingga tidak cukup hanya sebatas mengerti ilmu Teknik Sipil hanya dari bangku perkuliahan. 
 
Harapannya pasca kuliah pakar ini dari program studi teknik sipil dapat menjalin kerjasama dengan industri jasa konstruksi skala nasional seperti melalui kegiatan-kegiatan pelatihan, seminar, magang dan kerja praktek”, pungkasnya.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini443
mod_vvisit_counterKemarin4359
mod_vvisit_counterMinggu ini4802
mod_vvisit_counterBulan ini36083
Kami memiliki 28 tamu online