21 Proposal PKM Universitas Muhammadiyah Purworejo Lolos Pendanaan Kemenristekdikti 2019
Ditulis oleh PPTIK   
Senin, 29 Juli 2019 09:06
Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPwr) kembali mengukir prestasi dengan meloloskan 21 Judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diantaranya 11 PKMK (Program  Kretivitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan), 1 PKMKC (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta), 9 PKMM (Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian Masyarakat) untuk didanai oleh Kemenristekdikti pada tahun 2019. Untuk menindaklanjuti kegiatan PKM tersebut, Kemenristekdikti mengadakan MONEV (Monitoring dan Evaluasi) seputar proposal kemajuan PKM selama ini.

MONEV tersebut diadakan di beberapa Perguruan Tinggi, salah satunya yang diadakan di Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang. Monev PKM External tersebut dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juli 2019 di ruang multimedia Universitas Tidar Magelang. Monev PKM External tersebut diikuti oleh Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Muhammdiyah Magelang, dan Akademi Keperawatan Ngesti Waluyo Parakan. Kegiatan MONEV PKM External tersebut diadakan selama 3 hari dan untuk Universitas Muhammadiyah Purworejo sendiri dijadwalkan pada hari ke-2  pada tanggal 18 Juli 2019. Pada tanggal tersebut hanyalah kontingen Universitas Muhammadiyah Purworejo sendirilah yang dijadwalkan pada hari itu.

Kontingen PKM Universitas Muhammadiyah Purworejo berangkat dengan 4 armada bus, anggota 21 PKM yang lolos, dosen pembimbing dan panitia sekitar 120 orang. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB. Setelah sampai di UNTIDAR, anggota PKM yang lolos langsung menempati ruangan untuk persiapan sesuai dengan nomer urut yang telah ditentukan oleh panitia MONEV PKM External pada rapat yang diadakan tanggal 15 Juli 2019 kemarin. Untuk setiap PKM yang lolos diberikan waktu 20 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya jawab. Semua Mahasiswa yang lolos PKM tersebut sangat mempersiapkan sejak awal, karena sudah berulang kali diadakan MONEV Internal di Kampus. Menurut Pembina UKM SAINTEK yang juga Ketua official kontingen PKM Universitas Muhammadiyah Purworejo Bapak Suyoto, M.Pd, “Untuk menghadapi acara MONEV External Kemenristekdikti, kontingan PKM Universitas Muhammadiyah Purworejo sudah disiapkan jauh-jauh hari dengan diadakan MONEV Internal sampai ke 3 kali, Expo produk PKM, dan sekaligus doa bersama. Harapannya,  dengan persiapan yang matang akan memudahkan dalam melangkah ke PIMNAS 2019 di Universitas Udayana Denpasar, Bali”.

Semua Mahasiswa merasa lega atas presentasi yang sudah mereka tunjukkan secara maksimal kepada Reviewers. Monev External PKM tersebut diadakan untuk seleksi PIMNAS yang akan datang. PIMNAS akan diadakan di Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Juli Lestari selaku ketua UKM SAINTEK dan juga merupakan salah satu anggota PKM yang lolos : “Acara MONEV External PKM 5 bidang ini keren, sebagai penentu apakah akan lolos PIMNAS atau tidak. Saya berharap kontingen dari UMPwr bisa lolos ke PIMNAS. Enggak hanya 1 atau 2 tim, tapi bisa lebih banyak lagi yang lolos ke PIMNAS. Dilihat dari semakin banyaknya yang lolos pendanaan, tahun kemarin 9 tahun ini bisa menembus 2 kali lipatnya. Mari kita berdoa bersama-sama demi kemajuan PKM di UMP. Semangat berkarya untuk Mahasiswa UMPwr. Karena keberhasilan dan kemajuan Kampus berada di tangan kalian.” Semua Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo berharap agar lolos ke PIMNAS 2019 yang akan datang. AAMIIN