Hindarkan Bahaya Seks Bebas, UKM PIK-Ma Surya UM Purworejo Gelar Seminar Kesehatan
Ditulis oleh UKM PIK-Ma Surya   
Senin, 29 Juli 2019 08:45
Dalam rangka melakukan upaya pencegahan terhadap seks bebas di kalangan remaja, UKM PIK-Ma Surya Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Seminar Kesehatan pada Sabtu, 27 Juli 2019 pukul 07.00 – 11.00 WIB. Bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo, seminar ini dihadiri oleh rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, pembina UKM PIK-Ma Surya, serta mahasiswa dan mahasiswi perwakilan HIMA/UKM/ORTOM Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tidak ketinggalan, seminar ini juga dihadiri oleh para peserta yang berasal dari siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purworejo.

Seminar ini mengangkat tema “REMAJA SEHAT TANPA SEKS BEBAS, PENERUS BANGSA YANG BERKUALITAS” yang bertujuan untuk mengajak mahasiswa/I dan dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo pada khususnya serta siswa/I sekolah menengah atas pada umumnya agar menyadari akan pentingnya mengetahui bahaya seks bebas.

Seminar ini membahas suatu permasalahan serta solusi yang berkaitan dengan bahaya seks bebas bagi kehidupan remaja. Dua orang narasumber dihadirkan untuk mengisi acara ini, yaitu ibu Asri Hidayati, S.,I.,Kom dari PLKB dan Bapak Patria Jati Kusuma, M.Psi yang merupakan salah satu dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Ibu Asri dan Bapak Patria selaku pembicara pada seminar ini mengajak para peserta untuk mengerti dan memahami bahaya seks bebas bagi remaja dari segi kesehatan dan psikolog.
 
Pada seminar ini, narasumber pertama, ibu Asri Hidayati membahas tentang bahaya seks bebas atau seks pranikah serta menjelaskan menjadi generasi berencana yang telah dicanangkan oleh BKKBN. Ibu Asri memperkenalkan untuk batasan usia perkawinan sendiri pada perempuan minimal berusia 21 tahun dan pada laki-laki minimal berusia 25 tahun. Bu Asri juga mengingatkan tentang dampak yang ditimbulkan dari seks bebas, yaitu salah satunya dapat menyebabkan Infeksi Menular Seksual (IMS). Sementara itu, narasumber kedua, Bapak Patria Jati Kusuma membahas tentang bagaimana pencegahan seks bebas dan pengaruh seks bebas menurut pandangan psikolog. Bapak Patria menjelaskan tentang remaja yang harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya dengan baik namun tetap mempertahankan iman yang kuat agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas karena remaja saat ini tidak mengenal batasan pada pergaulan.

UKM PIK-Ma Surya selaku penyelenggara acara berharap semoga dengan adanya seminar ini kita dapat menghindari seks bebas yang berakibat buruk bagi kehidupan. Dimulai dari diri sendiri, kemudian mengajak orang lain. Kalau bukan kita siapa lagi? Salam Genre!
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini329
mod_vvisit_counterKemarin4359
mod_vvisit_counterMinggu ini4688
mod_vvisit_counterBulan ini35969
Kami memiliki 43 tamu online