UKM Racana Univesitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Kemah Bakti 2019
Ditulis oleh UKM Racana   
Selasa, 21 Mei 2019 13:12
Kemah bakti merupakan agenda akbar Racana K.H.A Dahlan dan Nyi Walidah Univesitas Muhammadiyah Purworejo yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini merupakan kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di luar kampus, yaitu di salah satu desa di Purworejo yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana kegiatan.

Pada tahun 2019 ini, kemah bakti dilaksanakan di Desa Girigondo, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo dan diikuti oleh 25 peserta yang dilaksanakan selama 5 hari, dimulai dari tanggal 28 April sampai dengan 2 Mei. Kemah Bakti 2019 mengambil tema “Semangat Muda Tunas Bangsa Dalam Berbakti Nyata Kepada Masyarakat”, dengan harapan jiwa sosial anggota Racana dapat terbentuk melalui bakti langsung terhadap masyarakat.

Hal itu dimulai dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan peserta untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan kemah bakti di Desa Girigondo. Melalui kegiatan ini, peserta dilatih untuk lebih dekat dengan masyarakat lewat komunikasi langsung yang baik. Adapun berbagai kegiatan sosialisasi seperti: penanggulangan bencana, penyuluhan hak anak, dan sosialisasi kewirausahaan dengan mengundang pembicara yang telah berpengalaman atau dari sebuah lembaga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Desa Girigondo.

Sebagai bentuk bakti kepada masyarakat, Kemah Bakti 2019 juga mengadakan kegiatan jalan sehat bersama masyarakat Desa Girigondo, lomba anak-anak dan pasar murah yang bertujuan untuk membantu masyarakat dengan menjual berbagai macam sembako dan baju-baju layak pakai dengan harga yang lebih murah dan sangat terjangkau. Bagi peserta, kegiatan ini adalah sebuah sarana untuk melatih interaksi secara langsung dengan masyarakat.

Bagi seorang mahasiswa, kegiatan ini bisa disebut sebagai kegiatan mini KKN karena secara mekanismenya kegiatan kemah bakti ini memang seperti kegiatan KKN, namun dalam skala yang kecil. Setelah kegiatan ini usai, diharapkan sesama anggota racana dapat lebih erat satu sama lain dan juga dapat mengambil banyak manfaat khususnya dalam kehidupan bermasyarakat yang kelak akan sangat berguna bagi seorang mahasiswa.