Program Studi Teknologi Informasi UM Purworejo Menerima Visitasi Akreditasi
Ditulis oleh Humas   
Kamis, 04 April 2019 21:54
Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali menerima visitasi akreditasi. Kali ini, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka akreditasi program studi Teknologi Informasi. Ini adalah kunjungan untuk yang pertama kali bagi program studi Teknologi Informasi guna memperoleh peringkat akreditasi dari BAN-PT.
 
Program studi Teknologi Informasi atau dikenal dengan sebutan PSTI adalah program studi baru di UM Purworejo berjenjang Strata 1 dan berada di bawah Fakultas Teknik. Prodi ini didirikan pada hari Selasa, 7 Februari 2017 berdasarkan surat dari Sekjen Menristekdikti Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A dengan SK pendiriannya nomor 125/KPT/2017. Prodi yang relatif masih baru di UM Purworejo ini memiliki 6 orang dosen. Meskipun prodi baru, animo masyarakat terhadap PSTI sangat tinggi. Mengingat pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan di era pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Pada awal dibuka tahun 2017, prodi ini memiliki mahasiswa dengan jumlah 37 orang dari 42 orang pendaftar. Pada tahun 2018, jumlah mahasiswa dari prodi PSTI ini mengalami peningkatan menjadi 58 orang dari 62 orang pendaftar. 
 
Proses akreditasi diawali dengan unggah borang yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2018. Selanjutnya, visitasi prodi dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 2 April 2019 dengan melibatkan 2 asesor, yaitu bapak Noor Akhmad Setiawan, M.T. Ph.D dari Fakultas Teknik UGM dan bapak Raden Teduh Dirgahayu, S.T, M.Sc, Ph.D dari Fakultas Teknik UII. Proses visitasi dalam pelaksanaannya juga didampingi oleh LPM, LPPM, BAAK, dan seluruh lembaga unit biro di UM Purworejo. 
 
Kegiatan akreditasi merupakan bagian dari pembinaan terhadap program studi guna meningkatkan kompetensi dan mutu akademik program studi yang berimbas pada pengakuan masyarakat terhadap lulusan program studi. Sebagai bentuk pembinaan, kegiatan ini sangat penting bagi PSTI mengingat program studi ini masih relatif sangat muda. Kaprodi PSTI, bapak Wahju Tjahjo Saputro, S.Kom., M.Cs. menyampaikan bahwa proses akreditasi berjalan dengan lancar dan berharap agar mendapatkan hasil yang maksimal.