Dr. Dwi Irawati dan Agung Setiawan, M.T. Dikukuhkan Sebagai Anggota Dewan Riset Daerah (DRD)
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 15 Februari 2019 12:46
Melalui SK Bupati Purworejo nomor 160.18/31/2019 tanggal 4 Januari 2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Purworejo Masa Jabatan 2019-2024 dua orang dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo yaitu  Dr. Dwi Irawati, S.E., M.Si. (Fakultas Ekonomi) dan Agung Setiawan, MT. (Fakultas Teknik) dipercaya bersanding dengan pejabat OPD Kabupaten Purworejo, pelaku usaha industri, dan organisasi kemasyarakatan untuk dikukuhkan sebagai Anggota DRD Kabupaten Purworejo masa jabatan 2019-2024.

DRD merupakan sebuah wadah independen yang dibentuk Pemerintah dalam hal ini Bidang Perencanaan, Penelitian, Pengembangan,dan Pengendalian (Bappeda) Kabupaten Purworejo. Lembaga ini mempunyai tugas yang sangat strategis, antara lain: memberikan second oppinion kepada Bupati Purworejo terkait potensi-potensi daerah, pemikiran-pemikiran dan pandangan dari pihak-pihak yang memiliki kapasitas keilmuan dan pengalaman yang dihimpun dari akademisi, unsur dunia usaha, dan stakeholders lain dalam kelompok dan mitra kerja peneliti dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, Dewan ini bertugas merumuskan arah dan prioritas utama pembangunan iptek serta memberikan berbagai pertimbangan bagi penyusunan kebijakan strategis pembangunan. Dewan Riset Daerah ini berjumlah 8 orang diketuai oleh Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D. (Dekan FEB UGM).

Pengukuhan DRD tersebut berlangsung pada hari Rabu, 13 Februari 2019 di ruang Bagelen Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo. Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, S.H. Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan “Para anggota DRD diharapkan rela meluangkan waktu, tenaga, pikiran di tengah kesibukannya masing-masing untuk bersama-sama membangun Kabupaten Purworejo”. Kemudian dengan terbentuknya DRD ini bisa segera melakukan kajian, penelitian, dan riset terhadap potensi ekonomi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat “tegas bu Yuli”.

Secara terpisah Dr. Dwi Irawati mengatakan “dengan terpilihnya dosen UM. Purworejo dalam lembaga DRD Purworejo, Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat lebih banyak berperan dan bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Purworejo. Selain itu, hubungan antara UM. Purworejo dan Pemkab Purworejo yang selama ini sudah baik dapat lebih erat lagi”. Dwi Irawati juga berharap kerjasama tersebut dapat dilakukan UM. Purworejo tidak hanya dengan pemerintah setempat namun dengan pihak luar juga harus dipupuk  dan diperkuat, tambah Doktor alumni UGM ini.

Lain halnya dengan Agung Setiawan, MT., dosen Fakultas Teknik mempunyai harapan, “pertama dengan adanya utusan dari UM. Purworejo di lembaga DRD ini dapat membuka dan memperluas jaringan kerjasama PT, kedua dapat mendorong sinergi dan implementasi penelitian UM. Purworejo dengan arah pembangunan pemerintah Kabupaten Purworejo”. Ketiga, dapat mewujudkan peran kepakaran civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purworejo”, katanya.     

Dalam acara tersebut hadir selain Wakil Bupati Purworejo dan sejumlah pejabat OPD juga dihadiri oleh Fungsional Peneliti Bappeda Provinsi Jawa Tengah Ir. Rahman Jamal, M.Si., Kepala Perangkat Daerah dan Dewan Riset Daerah.