Racana UM Purworejo Laksanakan Penerimaan Tamu Racana 2018
Ditulis oleh UKM Racana   
Kamis, 15 November 2018 11:17

Penerimaan Tamu Racana (PTR) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Racana K.H.A. Dahlan dan Nyi Walidah Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai syarat menjadi anggota Racana. Kegiatan PTR terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu Serangkaian PTR dan Perkemahan PTR. Pada tahun ini PTR mengusung tema “Persahabatan Terjalin, Persaudaraan Terengkuh, Bersama Pramuka”. Peserta PTR tahun ini berjumlah 52 orang, terdiri 12 laki-laki dan 40 perempuan.

 

Serangkaian PTR dilaksanakan pada hari Minggu, 4 November 2018 di Auditorium Kasman Singodimedjo. Kegiatan ini diawali dengan upacara penegak untuk calon anggota dan upacara pandega untuk dewan racana. Kemudian dilanjutkan dengan alih golongan dari penegak ke pandega serta pengenalan struktur organisasi.

 

Sabtu-Minggu, 10-11 November dilaksanakan perkemahan PTR di Desa Karanggetas, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan antara anggota dan Dewan Racana. Adapun rangkaian kegiatan Perkemahan PTR, yaitu: adat buka racana, sosialisasi reptil, upacara pembukaan PTR, permainan kreativitas, bakti sosial masyarakat, upacara api unggun dan pentas seni, senam pagi, outbound, dan diakhiri dengan adat tutup racana. Walaupun pada saat kegiatan cuaca kurang mendukung, namun antusias dan semangat peserta dalam mengikuti setiap kegiatan tetap tinggi.Pada upacara pembukaan PTR yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Karanggetas dihadiri oleh Kepala Desa Karanggetas dan Kepala MI Al Huda Karanggetas.

 

“Kami bangga Pramuka UMP memilih desa kami sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan PTR ini.Harapan kami semoga tali silaturrahmi antara Desa Karanggetas dengan UMP semakin erat”,tutur Kepala Desa Karanggetas.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan hubungan persaudaraan antaranggota terjalin lebih erat. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar berkat dukungan dari beberapa pihak dan besarnya antusias dari peserta.