Makrab Pendidikan Fisika 2018
Ditulis oleh Himafis   
Kamis, 18 Oktober 2018 13:48

Menyatukan dan Membangkitkan Semangat dengan Hangat Kebersamaan Makrab Pendidikan Fisika 2018

 

Pada hari Sabtu (13/10), pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) dengan ketua panitia Imam Krisnanto mengadakan acara Masa Keakraban atau Makrab. Makrab sendiri merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk mengenalkan dan mengakrabkan antar sesama mahasiswa baru dan juga semua keluarga pendidikan fisika. Makrab tahun 2018 ini mengangkat tema “Bangkit, Bersatu, Bertransformasi Menuju Mahasiswa Fisika Mandiri dan Berprestasi” yang harapanya kegiatan ini menjadi kegiatan awal yang menyatukan dan membangkitkan semangat keluarga besar program studi pendidikan fisika menuju mahasiswa yang  mandiri dan berprestasi.

Acara ini dilaksanakan di Bukit Si Kepel, Desa Jati, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Peserta makrab ini terdiri atas  9 mahasiswa baru dan prodi pendidikan fisika dan 35 mahasiswa kontingen angkatan semester. Selain itu pada makrab kali ini juga melibatkan beberapa Demisioner pengurus HIMAPFIS alumni serta turut mengundang dosen pendidikan  fisika.

Serangkaian acara Makrab 2018 antara lain pembukaan, public speaking, outbond, api unggun dan malam  pentas gembira. Diawali dengan pembukaan dan  ramah tamah kemudian   berangkat  menuju Bukit Sikepel dengan suasana riang gembira menikmati pemandangan alam yang cukup indah sepanjang perjalanan. Sesampainya disana mahasiswa baru diarahkan untuk menata barang bawaan mereka ke tenda yang telah disediakan oleh panitia. Makrab 2018 ini berakhir pada hari Minggu (14/10) yang diawali dengan kegiatan senam bersama, penutupan, dan pembagian hadiah serta pengumuman srikandi fisika 2018 yang dinobatkan pada saudari Tariska Widyastuti kemudian dilanjutkan dengan pembongkaran tenda lalu foto bersama sebelum  kembali ke Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sebelum dilaksanakannya Makrab, HIMAPFIS juga mengadakan serangkaian acara menuju Makrab yaitu Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang bertujuan untuk pengenalan program studi (prodi) pendidikan fisika dan memberikan pembekalan persiapan Makrab. Acara ini juga melibatkan beberapa club mahasiswa fisika diantaranya adalah Water Rocket Club, Physics Voley-Futsal Club dan Pusat Studi Kajian Astronomi (PUSAKA), pengurus laboratorium fisika, dan turut mengundang kepala prodi pendidikan fisika serta sekretaris prodi pendidikan fisika. Kegiatan SOTK ini ditutup dengan pengamatan matahari dan pelepasan balon harapan.