Seminar Nasional ELTiC (English Language Teaching Learning Conference) Ke-3
Ditulis oleh Panitia ELTIC   
Sabtu, 15 September 2018 09:01
Sabtu, 8 September 2018, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Seminar Nasional ELTiC (English Language Teaching Learning Conference) ketiga dengan tema “Empowering Teachers And Learners Of English In Globalization Era” yang diisi oleh tiga pakar yaitu Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. seorang Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret yang menyampaikan materinya tentang percepatan kecakapan seorang pengajar dengan menggunakan media, Dr. Semi Sukarni, M.Pd. dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang menyampaikan tentang Strategi mengajar di SMK dan Trevor Campbell Cooke dari McGill University, Canada yang banyak mendiskripsikan tentang kefektifan mengajar untuk anak-anak. Seminar diawali dengan sambutan dari Dr. Junaedi Setiyono, M.Pd. selaku ketua penyelenggara ELTiC 3, dilanjutkan dengan persembahan tari ndolalak, khas Purworejo yang dibawakan oleh para siswi SDN Golok, Banyuurip.  Kesenian ini sangat memukau para peserta seminar terlebih tamu dari luar negeri.

Kegiatan ELTiC yang merupakan kegiatan tahunan bertujuan untuk memperluas pemahaman serta mindset di bidang bahasa Inggris serta menjadi wahana keilmuan bagi para pendidik dosen maupun guru dan mahasiswa dalam berbagi ilmu khususnya di bidang bahasa inggris.  Acara ELTiC 3 ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai lembaga maupun instansi diantaranya UMNU Kebumen, STIE Putra Bangsa Kebumen, Universitas Tidar Magelang, Unikal Pekalongan, SMA N 5 Purworejo, SMA N 1 Batang, dan dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta.

ELTiC 3 berlangsung dengan suasana yang berbeda dari acara konferensi lainnya yaitu dengan konsep kekeluargaan, konferensi ELTiC 3 ini diharapkan dapat menjadi rumah bagi peneliti.   Pemakalah yang berjumlah 21 hadir memaparkan artikel terbaiknya. Banyak kesan positif yang didapatkan dari seminar ELTiC 3 ini,  baik peserta dan pemakalah merasa banyak mendapatkan input atau ilmu baru sehingga bisa diterapkan oleh guru, dosen, serta mahasiswa calon pengajar.

Harapan kedepannya disampaikan oleh dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademik dengan skala internasional untuk meningkatkan kemahiran berbahasa dan kepakaran baik dosen dan mahasiswa.