Mahasiswa UMP Kembangkan ARMAJO Upaya Rehabilitasi Pesisir
Ditulis oleh UKM Jurnalistik   
Rabu, 29 Agustus 2018 10:16
Purworejo - Sejumlah mahasiswa UKM Jurnalistik Sinar Surya dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPwr) melakukan terobosan pada Program Hibah Bina Desa (PHBD) Kemenristekdikti 2018 dengan membuat Arboretum Mangrove. Salah satu rangkaian start awal kegiatan PHBD ini dengan mengadakan Workshop dengan tema " Arboretum Alam dan Pusat Edukasi Mangrove, Upaya Rehabilitasi Pesisir untuk menjaga Mutu Air Baku, Pengkayaan Spesies Mangrove dan Plasma Nutlah Pesisir ". Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo.

Pada kesempatan ini tim dari UMPwr Jeki Wibawanti, M.Eng., M.Si dan Roisu E.Mudawaroch, M.P menyampaikan tentang jenis-jening mangrove dan pemanfaatannya sebagai pangan fungsional alternative. Jeki mengatakan bahwa Buah mangrove dari berbagai jenis dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan maupun minuman. Seperti pada jenis buah Apel mangrove atau dikenal juga sebagai Bogem dapat dibuat sebagai sirup yang kaya akan antioksidan. Selain itu mangrove jenis Nipah dapat diolah menjadi manisan yang menyegarkan.

Tujuan Workshop ARMAJO sebagai start awal kegiatan pembuatan Arboretum Mangrove di pesisir selatan. Arboretum ini nantinya dapat untuk berfungsi sebagai Pusat Edukasi Mangrove. Selain itu dampak adanya Arboretum ini juga akan menjaga mutu air baku, pengkayaan spesies yang akan menambah plasma nutfah pesisir kata Jeki Wibawanti yang juga sebagai Dosen Pembimbing PHBD Armajo.

Workshop yang dilaksanakan selama 2 hari juga memaparkan tentang peran pemdes dalam perwujudan bumdes sebagai penggerak perkonomian dan menjaga kelestarian lingkungan desa: studi kasus desa Jelok dan direplikasikan di Jatikontal yang disampaikan oleh Untung Sulistyo. Dilanjutkan dengan materi tata cara pendirian Bumdes dan pola pendampingan pemerintah, swasta dan universitas dalam memajukan desa pesisir; studi kasus di desa-desa pesisir Kab. Purworejo oleh Imam Prayogi, sedangkan Bagas Adi Karyanto, M.M memaparkan pentingnya assosiasi bumdes dan perencanaan pengembangan kawasan pesisir.

"Saya berharap program PHBD ARMAJO yang akan dilaksanakan sampai akhir tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Harapannya juga akan membawa perubahan bagi warga pesisir khususnya warga Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo"  ucap Oktaviana Mayang Dewi selaku ketua tim PHBD ARMAJO.